Pada kuartal keempat tahun 2016, Facebook kembali meraup keberhasilan tinggi diangka 8,81 milyar dollar dalam pendapatan dan 1,41 dollar EPS. Semuanya itu berhasil diraih berkat 1,8 milyar pengguna yang aktif setiap bulannya. Dibandingkan kuartal sebelumnya angka itu berhasil naik sekitar 3,91 persen atau penambahan 70 juta pengguna dari angka sebelumnya yaitu 1,79 milyar pengguna. Sayangnya jika dilihat dari angka peningkatan penggunanya sendiri, sebenarnya pertumbuhan tersebut mengalami penurunan dari 4,67 persen pada kuartal sebelumnya.

Keberhasilan Facebook Memecahkan Angka Analisa Pendapatan

Pendapatan iklan yang diperoleh oleh Facebook itu sendiri 84 persennya berasal dari mobile, sama seperti kuartal sebelumnya. Angka tersebut bernilai sekitar 7,248 milyar dollar yang menandakan bahwa Facebook sudah berhasil untuk beralih ke mobile. Padahal analist sendiri memperkirakan pendapatan Facebook pada kuartal keempat tahun 2016 hanya berkisar 8,51 milyar dollar dengan 1,31 dollar EPS.

Keuntungan yang berhasil diraih Facebook pada kuartal keempat ini adalah 3,568 milyar dollar dengan pertumbuhan sebesar 177 persen YoY, angka ini naik cukup signifikan jika dibandingkan dengan keuntungan yang berhasil diraih oleh Facebook pada kuartal sebelumnya yaitu sebesar 2,379 milyar dollar.

Dalam hal persentasi pengguna per bulan yang selalu kembali setiap hari angka yang didapatkan oleh Facebook selalu konstan. Angka tersebut masih berada di angka 66 persen sama seperti kuartal sebelumnya.

Persentase pendapatan sendiri naik sebesar 51 persen YoY dibandingkan dengan kenaikan 56 persen pada kuartal sebelumnya serta 59 persen pada kuartal kedua. Sehingga total pendapatan yang berhasil diraih oleh Facebook pada tahun 2016 ini ada di angka 27,6 milyar dollar.

Facebook berhasil menggemparkan dunia bisnis dengan pendapatannya meskipun sehari sebelumnya beredar rumor bahwa berita palsu yang tersebar melalui Facebook-lah yang menyebabkan Donald Trump berhasil terpilih menjadi presiden.

See also  Kabar Terbaru Dari Facebook (update)

Saat ditanya mengenai strategi pemasaran konten video di Facebook, Mark Zuckerberg berkata sedang fokus dalam konten singkat sebagai awalnya. Ia juga berpendapat bahwa perusahaan perlu membuat sistem bisnis berbagi pendapatan iklan sehingga dapat menarik pembuat konten professional untuk membawa konten mereka ke Facebook. Saat ini sudah ada perkembangan besar dalam hal penggunaan video di Facebook dengan 400 juta pengguna aktif yang berinteraksi menggunakan FB messenger audio dan video setiap bulannya.

Meskipun demikian Instagram yang sudah dibeli oleh Facebook terus bersinar dan memperluas pendapatan iklannya. Instagram stories yang digadang-gadang mengcopy Snapchat stories sudah mencapai 150 juta pengguna setiap hari hanya dalam 5 bulan setelah diluncurkan. Dikatakan bahwa Instagram stories berhasil mencuri beberapa pengguna Snapchat stories.

Melihat semua itu Facebook benar-benar sudah menunjukkan keberhasilan luar bisa dalam mempertahankan penggunanya dalam perkembangannya ke area mobile. Dalam area mobile sendiri Facebook memiliki fondasi bisnis yang kuat dengan adanya FB messenger dan WhatsApp untuk chatting serta Virtual Reality dengan Oculus. Dan jika Instagram stories berhasil mengalahkan Snapchat serta applikasi lainnya maka Facebook benar-benar akan mendominasi media sosial dalam beberapa decade mendatang.

Di pasar negara maju sendiri Facebook berhasil meraih banyak sekali pendapatan melalui penggunanya. Sementara itu mereka tetap terus berusaha untuk masuk ke pasar negara berkembang secara perlahan namun pasti dengan pendapatan yang berkembang dengan stabil. Kita bisa melihat bahwa Facebook memang memiliki potensi keuntungan besar di masa mendatang. Tidak heran jika nilai perusahaan ini terus bertambah terlebih dengan adanya akuisisi Instagram yang sedang booming belakangan ini.

sumber : Techcrunch