Airobotics merupakan sebuah perusahaan startup yang memiliki basis di Petah Tikva masih di dalam Israel. Yang menarik adalah perusahaan tersebut telah berhasil mendapatkan izin untuk menerbangkan drone secara otomatis di Israel bagi keperluan bisnis. Otoritas penerbangan Israel sendiri adalah yang pertama kali mengeluarkan ijin penerbangan drone secara komersial secara otomatis dalam area penerbangan mereka secara nasional.

Drone yang dibuat oleh Airobotics sendiri dipasarkan sebagai drone yang akan digunakan untuk survey lapangan, keamanan serta aplikasi industri lainnya. Dengan diterbangkannya drone tersebut secara otomatis berarti perusahaan dapat melakukan inspeksi dalam jarak bermil-mil sepanjang rel kereta api, jalur listrik, atau daerah pertanian tanpa perlu adanya manusia di jarak tertentu untuk melakukan inspeksi atau mengecek poin-poin.

Drone yang dibuat oleh Airobotics tersebut terbang dan mendarat dari sebuah stasiun dimana drone akan melakukan pergantian baterai yang sudah habis dengan yang lain. Pada setiap penerbangan, mereka dapat melakukan perjalanan selama 30 menit.

Drone tersebut juga dapat terbang dan mendarat secara tepat di stasiun tanpa dikendalikan oleh siapapun. Software dari Airobotics serta sensor yang ditanamkan pada drone tersebut yang membuat semua hal ini berhasil. Sepertinya drone buatan Airobotics ini benar-benar akan mengubah cara industry melakukan survey serta kegiatan industry lainnya yang dapat dilakukan tanpa harus dikendalikan dari jarak dekat oleh seorang operator.

Sumber: techcrunch