Facebook memiliki rumah baru untuk video original yang diproduksi secara exclusive oleh partner yang akan mendapatkan 55 persen pendapatan dari iklan sementara Facebook hanya akan mengambil 45 persen saja. Tab “Watch” dan beberapa acara original lainnya sementara ini baru dapat dinikmati oleh para pengguna yang berasal dari US melalui berbagai platform seperti mobile, desktop ataupun aplikasi TV Facebook.

Dengan menggunakan program original tersebut, Facebook berharap akan meningkatkan pendapatan dari iklan serta memberikan alasan pada pengguna untuk kembali ke News Feed lebih sering lagi agar dapat menyaksikan konten yang tidak dapat disaksikan di tempat yang lain.

Watch memberikan rekomendasi personal untuk acara live maupun rekaman acara yang dapat disaksikan, serta beberapa kategori lain seperi “acara yang paling banyak dibicarakan” “acara yang membuat orang tertawa” dan “acara yang disaksikan oleh teman”. Publisher juga akan dapat menshare show mereka melalui News Feed untuk membantu agar semakin banyak pengguna yang menemukan mereka.

Fitur “watchlist” digunakan agar pengguna dapat berlangganan ke update episode terbaru terbaru dari acara yang difavoritkan. Diharapkan fans juga akan dapat berinteraksi dengan pencipta maupun dengan fans lainnya melalui fitur baru yang dapat menghubungkan show dengan group. Facebook akan segera memberikan akses ke “watch” mulai dari pengguna US kemudian ke pengguna internasional secepatnya.

Facebook watch sendiri disinyalir sebagai upaya dari Facebook untuk mengimbangi dominasi Youtube dan snapchat dalam konten video. Meskipun Youtube dan Snapchat telah merajai konten video lebih dahulu, bukan tidak mungkin ke depannya porsi untuk video akan lebih banyak dinikmati dari platform Facebook, mengingat jumlah pengguna Facebook sendiri kini telah mencapai lebih dari 1,32 Milyar pengguna di seluruh dunia.

 

sumber : Techcrunch