Facebook tidak ingin penggunanya kehabisan kuota hanya untuk menonton video, karena itulah mereka saat ini sedang melakukan tes pada fitur instant video. Fitur ini akan mendownload dan mencache video Facebook di smartphone pengguna saat menggunakan koneksi Wi-Fi sehingga pengguna dapat menyaksikannya nanti dengan gratis. Pengguna akan melihat ikon petir pada video yang kontennya sudah di pre-loaded.

Fitur baru ini tentunya akan sangat berguna bagi fitur lainnya yaitu watch dimana pengguna dapat menonton konten video original. Dengan fitur baru ini, maka pengguna dapat mendownload dan mencache terlebih dahulu video yang akan mereka tonton nanti di kereta atau di tempat lain yang tidak memiliki koneksi internet yang lancar atau saat mereka tidak mau menghabiskan kuota hanya untuk menonton video dengan durasi yang panjang.

Saat ini fitur baru ini hanya tersedia bagi beberapa pengguna Android saja. namun dengan melakukan tes pada fitur instant video ini maka Facebook telah meletakkan pondasi untuk dapat melayani semua pengguna terutama para remaja di negara berkembang yang sangat memperhatikan kuota mereka.

Dengan mengkombinasikan cara berpikir yang lebih maju serta kemampuan engineering yang terbaik serta kepopuleran Facebook, maka ada kemungkinan bahwa tidak lama lagi Facebook dapat mengalahkan kompetitor lain yang juga menggunakan layanan video seperti YouTube, Twitter, dan Snapchat.

Sumber: Techcrunch