Selama ini ada pertanyaan mengenai campur tangan Rusia dalam pemilu US yang dilakukan tahun 2016 yang lalu. Kemudian di bulan April Facebook sudah mengeluarkan pernyataan mengenai pengetahuan mereka akan usaha yang terorganisasi yang dilakukan oleh Rusia menggunakan platform mereka.

Karena itulah timbul pertanyaan apakah ada koneksi antara usaha yang dilakukan oleh Rusia dengan iklan yang dibeli di Facebook. Klaim ini dianggap sangat serius sehingga Facebook telah melakukan review dengan teliti mengenai aktifitas yang dilakukan dalam platform mereka untuk mengetahui hal tersebut lebih lanjut.

Setelah melakukan review pada iklan yang dibeli, mereka menemukan sekitar 100 ribu dollar pembelian yang dilakukan pada bulan Juni 2015 sampai Mei 2017 sebanyak kira-kira 3 ribu iklan yang berkaitan dengan sekitar 470 akun dan page yang melakukan pelanggaran pada kebijakan Facebook.

Lebih lanjut, analisator juga mengatakan bahwa akun dan page tersebut kemungkinan berhubungan satu sama lain dan operasinya dilakukan di luar Rusia. Facebook tidak mengizinkan operasi semacam ini sehingga mereka sudah menghapuskan akun dan page tersebut.

Selain operasi yang dilakukan di luar Rusia, Facebook juga berhasil menemukan operasi yang dilakukan secara langsung dari Rusia. Mereka menemukan sekitar 500 ribu dollar pembelian untuk sebanyak kira-kira 2200 iklan. Temuan ini selanjutnya sudah diteruskan pada pihak yang berwajib di US yang akan melakukan penelitian lanjutan.

Sumber: Facebook