Sementara Facebook sedang mempersiapkan fitur baru yang bisa digunakan oleh pengguna untuk berlangganan dan membayar layanan berita secara langsung melalui aplikasi mereka, ternyata media sosial ini juga terus mengubah cara mereka untuk menyajikan konten berita.

Pada perkembangan yang terakhir, ternyata Facebook sudah menghilangkan fitur instant artikel dari messenger yang sebelumnya dihosting secara langsung oleh Facebook sehingga berita tersebut dapat diload lebih cepat pada perangkat mobile.

Juru bicara Facebook mengatakan bahwa mereka akan lebih focus pada investasi fitur instant artikel tersebut untuk aplikasi mobile utama Facebook sehingga fitur ini sudah tidak ditawarkan lagi melalui messenger.

Untuk perkembangan kedepannya, Facebook sudah bekerjasama dengan beberapa penerbit yang akan membuat konten berbayar khusus dan akan segera melakukan tes dalam beberapa bulan ke depan. Dengan adanya kerjasama ini, maka pengguna dapat secara langsung menikmati konten di aplikasi mobile dengan cara berlangganan dan membayar layanan tersebut pada Facebook.

Sampai saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai berapa besar harga yang harus dibayarkan. Namun jika ada penerbit yang ingin berpartisipasi pada program ini, maka mereka harus menerbitkan konten mereka melalui fitur instant artikel yang dimiliki oleh Facebook.

Ide ini mungkin juga akan menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh Facebook di masa mendatang agar memperoleh pendapatan tambahan melalui iklan yang jumlahnya cukup besar.

Sumber: Techcrunch