80 persen pengguna Instagram yaitu sebanyak 600 juta pengguna berasal dari negara di luar Amerika Serikat. Karena itulah Instagram perlu memiliki suatu cara agar dapat tetap digunakan dengan baik meskipun dengan koneksi internet yang terbatas atau pada saat tidak tersedia data internet.

Hari ini di F8 yaitu Konferensi Developer Facebook, Instagram sudah mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan dukungan dimana pengguna dapat tetap menggunakan sebagian besar fitur yang dimiliki oleh Instagram tanpa menggunakan akses internet.

Sebagian besar dari fungsi ini sudah tersedia pada Instagram versi Android yang merupakan platform yang paling banyak dipilih oleh para developer saat ini. Dan di beberapa bulan ke depan, akan lebih banyak fungsi yang dihadirkan. Mereka juga sedang melihat keberadaan fungsi ini untuk Instagram versi iOS di kemudian hari.

Engineer dari Instagram bernama Henry mengatakan bahwa pengguna akan dapat melihat konten yang sebelumnya sudah diunduh datanya di Instagram Feed secara offline. Kemudian pengguna juga akan dapat meninggalkan komentar, memberi like, menyimpan media, serta men-unfollow orang-orang dalam keadaan offline. Semua proses tersebut kemudian akan diteruskan ke Instagram saat pengguna sudah memiliki akses internet lagi. Profil yang sebelumnya sudah pernah dikunjungi juga akan tetap dapat dilihat serta versi lama dari tab explorer atau profil pengguna sendiri juga tetap akan dapat diakses dalam keadaan offline.

Sumber: techcrunch