Kini dunia bisnis semakin digemari oleh banyak orang, dari mulai yang muda hingga yang tua. Bahkan para pegawai kantoran juga sekarang malah banyak yang mulai melirik bidang pekerjaan yang satu ini. Namun jangan tanya, kalau dalam dunia bisnis itu banyak resikonya yang memicu munculnya banyak kegagalan dalam bisnis.

Semakin Banyak Pesaingnya

Jika kamu juga merupakan salah satu orang yang sedang menekuni bidang ini, maka pastinya pernah mengalami kemunduran atau bahkan malah sering gagal bukan? Memang penyebab kegagalan dalam bisnis ada banyak sekali faktornya, baik secara internal maupun eksternal. Salah satu dari sekian banyak faktor tersebut tentu saja adanya banyak pesaing. Tak bisa dihindari lagi kalau bisnis baru yang sedang dijalankan orang lain lebih baik dan maju daripada yang kamu miliki saat ini. Apalagi sekarang zaman sudah semakin maju, teknologi semakin canggih, dan otak-otak manusia semakin encer.

Yang paling menjengkelkan adalah ketika bisnis-bisnis baru tersebut memiliki bidang yang sama dengan bisnis yang kamu miliki. Apalagi ketika pesaing-pesaing tersebut hadir dalam berbagai ide dan inovasi baru yang membuat masyarakat tertarik. Rasanya seperti mereka telah merebut para pelanggan yang seharusnya membeli produk yang kamu jual. Apakah itu salah mereka? Tentu saja tidak, karena that the business works!, seperti itulah dunia bisnis bekerja, saling bersaing satu sama lain. Kamu tidak bisa menyalahkan para pesaingmu sebagai satu satunya alasan munculnya kegagalan dalam bisnis.

Lalu Apa Solusinya?

Solusi untuk menangani kegagalan dalam bisnis yang seringkali kamu alami adalah dengan melakukan introspeksi serta evaluasi mengenai sistem bisnis kamu sendiri. Ada lima hal yang sebaiknya kamu hindari agar tidak mengalami kegagalan lagi.

  1. Mental Bisnis yang Lemah

Hal pertama kali yang harus kamu hindari adalah memiliki mental bisnis yang lemah atau buruk. Banyak pembisnis pemula yang takut dan khawatir kalau bisnisnya akan cepat gulung tikar, takut akan modal, kritik dari pelanggan, dan pesaing baru yang datang. Stop memikirkan hal tersebut dan mulailah membenahi sistem atau cara kerja dari bisnis anda sendiri. Kunci utama pembisnis handal agar sukses adalah pantang menyerah, selalu kerja keras, dan belajar dari kegagalan.

  1. Ingin Mengambil Keuntungan Besar

Banyak juga orang yang salah persepsi mengenai hal ini dimana mereka mengira kalau menjalankan sebuah bisnis atau usaha itu hanya untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Sebenarnya hal tersebut tidaklah benar. Jika kamu terus-menerus terpacu dan fokus karena ingin mendapatkan banyak laba penjualan, maka hal tersebut malah bisa menjadi boomerang buat kamu. Terkadang banyak pembisnis yang rela menaikkan harga jual dengan embel-embel produk bermerk tapi malah menekan kualitas dengan mengurangi bahan produksi. Lama kelamaan, para pembeli juga merasa tidak puas. Mereka bisa saja membandingkan produk kamu dengan milik orang lain yang punya kualitas sama namun harga jauh lebih murah.

  1. Menomorduakan Kualitas

Hal ini juga sering diabaikan oleh banyak orang, terlebih lagi apabila sudah memiliki banyak pelanggan. Kamu jangan pernah menomorduakan kualitas dari barang produksimu karena kualitas tersebutlah yang akan menentukan bisnis kamu layak atau tidak.

  1. Bersikap Tak Acuh Pada Pelanggan

Percaya atau tidak, dengan bersikap lebih ramah dengan para pelanggan akan menaikkan jumlah produksi dari bisnis kamu. Apakah kamu pernah menemui beberapa penjual toko online yang malas membalas feedback dari pelanggannya? Nah, itulah salah satu faktor yang memicu kegagalan dalam bisnis. Meskipun sepertinya sepele, namun ternyata dengan lebih sering melakukan komunikasi dengan pelanggan, maka akan menaikkan kualitas dari bisnis tersebut.

  1. Jangan Bersikap Egois

Hal terakhir yang harus kamu hindari adalah sikap egois. Egois di sini mencakup banyak hal, salah satunya seperti menganggap kalau argumen kamu adalah yang paling benar. Sebaiknya, kamu juga harus terbuka yaitu dengan menerima segala masukan dari orang lain seperti para pegawai, teman, kerabat, rekan bisnis, dan sebagainya. Pengetahuan dan gagasan dalam bisnis bisa muncul kapan saja, darimana saja, dan oleh siapa saja. Selain itu, berpikirlah lebih kreatif dan inovatif lagi karena dunia semakin hari semakin berkembang. Ada baiknya jika kamu bisa bijaksana dalam menghadapi hal tersebut yaitu dengan menciptakan produk baru atau meningkatkan kualitas produk yang lama misalnya.

Itulah lima hal yang kamu harus hindari agar bisnis kamu bisa berjalan dengan baik dan lancar. Kegagalan dalam bisnis merupakan suatu hal yang pasti dialami oleh setiap pebisnis, tapi hanya para pebisnis handal lah yang bisa mengolahnya menjadi sebuah pembelajaran.