Jangan pernah melakukan hal seperti ini di dapur, mungkin itu pelajaran yang bisa didapatkan Anda dari pengalaman ini. Beberapa waktu lalu seorang pria menuntut salah satu restoran yang berada di Amerika karena telur rebus yang dia pesan lalu dimakan tiba-tiba meledak di dalam mulut dan ledakan tersebut mengakibatkan pendengarannya menjadi terganggu.

Kasus tersebut memang sudah diselesaikan lewat pengadilan, namun sampai hari ini para ahli berusaha mencari tahu penyebab kejadian tersebut. Rupanya demi mempersingkat waktu, restoran yang melayani pria tersebut memasak telur rebus dengan cara memasukkannya ke dalam oven microwave. Hal inilah yang sedang diselidiki oleh para peneliti, mereka penasaran kenapa telur tersebut bisa meledak hanya karena dimasak dengan oven.

Para peneliti mencoba mencari jawabannya dengan melihat sebuah video Youtube yang mempertontonkan seseorang memasak telur rebus dengan oven microwave. Anehnya, benar ketika dimasak dengan oven, tiba-tiba telur tersebut meledak.

Setelah beberapa penelitian dilakukan, mereka menyimpulkan bahwa hal tersebut kemungkinan besar terjadi karena protein yang ada di dalam telur mengikat kantong-kantong air yang ada pada kuning telur. Saat telur tersebut dipanaskan di atas suhu mendidih, maka telur itu bisa saja meledak. Entah ketika telur dipotong atau digigit seperti kasus pria di restoran tersebut.

Penelitian itu juga menyebutkan bahwa kuning telur yang dimasukkan ke dalam oven lebih mudah menerima radiasi gelombang mikro daripada telur yang direbus dengan air seperti biasanya. Jadi, lebih baik jangan coba-coba memasak dengan cara ini di dapur ya kalau tidak ingin kemungkinan telur meledak seperti yang dialami pria barusan.

Sumber: dailytelegraph.com.au