Wah, bagi kamu yang baru saja mendapatkan gelar sarjana dan terlepas dari bangku perkuliahan pastinya sedang merasa senang sekali ya. Setelah berpusing ria dengan stressnya masa skripsi dan revisi, pasti kamu ingin bersantai dan menikmati kebebasanmu sejenak bukan? Bisanya banyak sarjana muda yang sudah menyiapkan berbagai kegiatan untuk merayakan sambil menikmati masa-masa tersebut antara lain seperti melakukan liburan, bersantai di rumah, nonton film, hang out bersama teman dan sebagainya.

Jangan Terlalu Lama !

Tak dapat dipungkiri kalau selepas lulus kuliah dan mendapatkan gelar sarjana adalah saat-saat yang paling melegakan bagi kebanyakan orang. Tapi tunggu dulu! Sebaiknya kamu jangan terlalu lama terlena dengan keadaan tersebut karena nantinya akan membuat kamu menjadi malas. Kamu harus segera bangun dan berusaha mengejar karir.

Tidak sedikit orang yang mengeluh sudah lupa dengan semua pelajaran atau bahkan isi dari skripsi yang baru saja kemarin dibuat loh! Hal tersebut tentu saja sangat percuma sekali. Jadi selama empat tahun atau bahkan lebih, apa yang kamu pelajari dan dapatkan dari bangku perkuliahan? Hal tersebut tentu saja akan menyulitkan kamu sendiri ketika akan mencari pekerjaan baru nantinya. Ingat, dunia kerja di luar sana itu lebih kejam dibandingkan dengan susahnya mengerjakan skripsi. Jadi, kamu harus mempersiapkan diri untuk mulai terjun ke dunia kerja dan berusaha mengejar karir.

Apa yang Harus Dilakukan?

Setelah lulus dan mumpung gelar sarjana kamu masih fresh, sebaiknya kamu harus melakukan beberapa hal agar karirmu di masa depan lancar. Berikut ini ada 5 tips jitu yang bisa kamu praktekkan!

  1. Segera Cari Lowongan

Setelah lulus kuliah, hal pertama yang kebanyakan orang lakukan pastinya adalah mencari lowongan pekerjaan. Meskipun cari kerja zaman sekarang itu sulit, tetapi kamu jangan menyerah. Dan ketika kamu sudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai, maka jangan buru-buru protes akan gaji. Banyak lulusan sarjana yang sering protes karena mereka bekerja dengan jabatan rendah dan gaji yang kurang sesuai. Sebaiknya kamu jangan seperti itu, karena yang terpenting dalam dunia kerja adalah pengalaman. Fokuslah pada pekerjaan yang kamu dapatkan, belajar dengan tekun, dan dapatkan promosi jabatan secepat mungkin!

  1. Melanjutkan Pendidikan Lagi

Nah, bagi kamu yang masih punya semangat dan niat untuk meneruskan pendidikan ke jenjang selanjutnya yaitu S2, maka jangan ragu lagi untuk segera mendaftar. Gelar kedua yang kamu dapatkan akan lebih membantumu untuk mendapatkan karir yang lebih bagus. Berusaha mengejar karir tidak hanya melalui cara mencari pekerjaan saja, tetapi bisa juga dengan mempertinggi tingkat pendidikan kamu.

  1. Perbanyak Koneksi

Jika kamu merupakan orang yang sangat introvert maka sebaiknya mulailah untuk sering bergaul dan memperluas koneksi hubungan dengan orang lain. Setelah kamu lulus dan mendapatkan gelar sarjana, hal ini sangat penting untuk karir kamu di masa depan. Orang yang sukses adalah orang yang pandai membangun koneksi dengan banyak orang. Siapa yang tau kalau salah satu koneksimu nanti bisa membantumu dalam meningkatkan karir?

  1. Kembangkan Potensi dan Bakat

Selain fokus dengan pekerjaan atau pendidikan selanjutnya, mulai sekarang fokuslah juga pada kemampuan yang kamu miliki. Jangan pernah remehkan hobi karena hal tersebut terkadang bisa membantumu dalam meniti karir. Seperti contoh, jika kamu hobi menulis, kamu bisa mengembangkannya dengan menulis novel ataupun cerpen. Siapa tau karya kamu akan melejit dan kamu menjadi seorang novelis terkenal.

  1. Jangan Malas, Selalu Belajar dan Pantang Menyerah

Hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan pernah malas karena hal tersebut akan membuat otak kamu mati dan tidak bisa berfikir lagi dengan baik. Kamu juga harus selalu mau belajar dan pantang menyerah. Ketika sedang berusaha mengejar karir, kamu akan sangat membutuhkan ketiga hal tersebut.

Bagaimana, apakah kamu masih mau berleha-leha dan tetap santai seusai lulus kuliah? Atau kamu ingin segera bangun dan berusaha mengejar karir dengan mulai melakukan kelima tips di atas?