Produsen Smartphone LG sepertinya tidak lagi meluncurkan produk “Flagship” di tahun-tahun mendatang. Strategi ini berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana LG selalu meluncurkan produk andalannya, khususnya pada momen-momen akbar seperti MWC (Mobile World Congress).

Sebagaimana yang diketahui, produk Flagship sendiri adalah sebutan untuk produk unggulan dari suatu perusahaan. Perusahaan LG saat ini punya ponsel seri “G” dan seri “V” yang merupakan produk unggulannya.

Vice Chairman LG, Cho Sung Jin, membeberkan perubahan strategi LG ini di sela-sela peluncuran produk LG G7 di acara CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. Menurutnya LG ke depannya akan mempertahankan model yang ada dalam waktu lebih lama. LG kini tidak mau lagi meluncurkan produk hanya karena pesaingnya meluncurkan produk baru.

Setidaknya ada 2 (dua) hal yang mendasari keputusan LG ini, yang pertama mereka ingin agar platform yang sudah mereka produksi dan terbukti bagus seharusnya dipertahankan untuk jangka waktu yang lama. Hal lain yang menjadi dasar adalah kekhawatiran soal (kurangnya) pasokan material lithium.

LG sendiri terbilang hampir selalu meluncurkan produk Flagshipnya di setiap acara-acara besar seperti MWC (Mobile World Congress) dan CES (Consumer Electronic Show). MWC sendiri merupakan perkumpulan produsen mobile phone dunia yang rutin menggelar pertemuan di antara para anggotanya.  Untuk tahun 2018 ini MWC akan diselenggarakan di Barcelona pada tanggal 26 Februari 2018 hingga 1 Maret 2018 mendatang. Sedangkan CES sendiri acaranya sudah terlebih dahulu digelar pada tangal 9 Januari sampai dengan 12 Januari 2018 yang lalu di Las Vegas.

Jika strategi yang disebutkan oleh Vice Chairman LG di atas mulai diterapkan pada tahun ini, maka bisa jadi LG G7 adalah varian terakhir dari Flagship LG di tahun ini dan kemungkinan kita harus menunggu beberapa waktu ke depan untuk melihat kemunculan produk andalan LG ini.

sumber : Kompas.com, wikipedia