Bagi para wanita, sudah pasti tidak asing lagi bukan dengan nama Yongki Komaladi? Sebuah brand sepatu terkenal asli buatan Indonesia yang saat ini sangat disukai hampir seluruh masyarakat. Selain karena model dan desainnya menawan, harga sepasang sepatu tersebut juga tergolong terjangkau. Jadi tak heran kalau banyak wanita yang senang menggunakannya. Ternyata Yongki Komaladi tak hanya sekedar brand sepatu saja melainkan merupakan nama pendirinya.

Berhenti Kuliah dan Memilih Bekerja

Yongki Komaladi sebenarnya memiliki nama asli Kwok Joen Sian. Dipanggil Yongki karena sewaktu kecil, ia selalu menggunakan gelang emas dengan merk atau tulisan Yongki. Kemudian untuk nama belakangnya yaitu “Komaladi”, sengaja dipilih agar membedakan brand sepatu miliknya dengan orang lain.

Yongki sendiri merupakan lulusan dari salah satu universitas di Singapura, jurusan Bisnis Manajemen. Saat ia sedang belajar di sana, sang ibu meninggal dunia dan membuatnya harus kembali ke Jakarta. Saking sedihnya, Yongki tidak mau lagi melanjutkan pendidikan di Singapura. Akhirnya ia memutuskan untuk bekerja saja di sebuah butik terkenal langganan para artis, pejabat, dan desainer terkenal Indonesia. Disitulah ia ditawari untuk terjun ke dunia modeling, bahkan mendapatkan kesempatan keliling Eropa dan Asia bersama desainer terkenal. Karier Yongki Komaladi di bidang fashion dan modeling akhirnya terus menanjak.

Dengan bekal pengalaman yang cukup banyak di dunia tersebut maka ia bekerja di salah satu mall besar yaitu Ramayana Departemen Store. Kemudian juga mulai mencoba merancang beberapa produk fashion dan mempromosikannya. Hingga pada akhirnya Yongki diminta atasannya untuk mendesain dan membuat sepatu. Hal tersebut lalu dijadikannya sebagai peluang besar mendirikan bisnisnya sendiri. Yongki sukses membuat sepatu dengan namanya sendiri dan berhasil merajai pasar saat itu.

Bisnis Mulai Berkembang Pesat

Yongki Komaladi memang sangat bersyukur karena ia telah memiliki banyak kenalan orang penting di bidang modeling dan fashion. Ia bekerjasama dengan para desainer terkemuka untuk menggunakan sepatu buatannya ketika menggelar fashion show. Inilah yang membuat brand sepatu miliknya makin dikenal masyarakat dan dijadikan sebagai trend fashion. Kini toko sepatu yang menjual khusus brand Yongki Komaladi sudah tersebar luas di mall besar Indonesia.

Tidak berhenti sampai disitu saja, ia juga mulai mencoba jenis bisnis lainnya seperti mendesain pakaian dan tas. Produk tersebut juga dipasarkan melalui toko online agar bisa diakses oleh seluruh masyarakat dari berbagai daerah.

Itulah tadi kisah inspiratif dari salah satu perancang sepatu lokal legendaris Indonesia yaitu Yongki Komaladi. Ia membangun bisnis tersebut dari nol, berawal dari ketertarikannya pada dunia modeling dan juga fashion. Pelajaran yang bisa diambil di sini adalah kalian bisa mencari peluang bisnis dari kemampuan, minat, dan juga hobi.