Microchip Untuk Pegawai

Sebuah perusahaan dikabarkan telah menanam microchip pada seluruh pegawainya. Microchip yang diimplan di dalam tubuh pegawai tersebut memungkinkan para pegawai untuk membayar makan siang di kantin hingga menggunakan mesin fotokopi secara lebih mudah. Chip yang diimplan di punggung tangan tiap pegawai tersebut berukuran sebutir beras dan menyimpan informasi pribadi pegawai.

Pihak perusahaan berharap chip bisa ditanam di kurang lebih 700 pegawainya di Epicenter, Stockholm. Adapun chip tersebut memanfaatkan RFID arau identifikasi frekuensi radio. Informasi pribadi yang tersimpan dalam chip bisa ditransmisikan jarak pendek ke mesin penerima khusus.

Lebih Mudah dan Praktis

Pegawai Epicenter sendiri mengaku sudah kerap berinteraksi dengan teknologi. Hanya saja sebelumnya mereka mesti direpotkan dengan masalah password dan kode pin. Akan tetapi, dengan teknologi chip yang ditanamkan di tangan pegawai semua lebih mudah hanya dengan menyentuhkan tangan mereka.

Teknologi chip memang sudah bukan hal tabu. Chip RFID itu sendiri sebenarnya sudah bukan hal baru dan banyak digunakan terutama untuk membayar biaya transportasi umum di London. Chip yang ditanam di tangan pegawai tersebut kurang lebih mirip dengan chip yang biasa ditanam di hewan peliharaan.

Lebih lanjutnya didapati riset menanamkan chip ke sistem syaraf yang dapat mengendalikan lengan robot. Semuanya hanya mengandalkan kekuatan pikiran. Dengan teknologi ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi korban kelumpuhan dan pasien yang mesti diamputasi.