Kalau biasanya orang sangat menyukai ponsel berlayar lebar agar makin jelas saat memandang layarnya seperti phablet, lain halnya dengan Zanco yang baru-baru ini memasarkan ponsel terkecil di dunia. Zanco Tiny T1 merupakan ponsel paling mini di dunia dengan berat hanya 13 gram. Ukurannya lebih besar sedikit dari uang koin.  Hebatnya ponsel ini mempunyai layar sangat kecil berukuran 0.49 inch OLED screen dengan resolusi 64 x 12 pixels.

Meski ukurannya begitu kecil ketika digenggam, tapi ponsel ini bekerja layaknya hp biasa. T1 dapat menyimpan sekitar 300 kontak dan dapat dipakai untuk telepon serta mengirimkan pesan. Ponsel ini bekerja dengan jaringan sinyal 2D saja dan Anda dapat menyematkan SIM berukuran nano apapun. T1 juga memiliki daya baterai yang lumayan, ponsel ini dapat tetap menyala selama 3 hari waktu standby dan 180 menit waktu bicara.

Sebetulnya Zanco T1 bukanlah produk ponsel mini pertama yang diproduksi oleh pabrikan tersebut. Sebelumnya, mereka sudah pernah membuat ponsel berukuran kecil, tapi jauh lebih besar dari produk terbaru ini dengan berat 20 gram. Zanco sendiri membutuhkan waktu 2 tahun untuk menciptakan produk terbarunya yang diklaim menjadi ponsel terkecil di dunia saat ini.

Pre-order T1 sudah bisa dilakukan dengan harga $40 atau sekitar 500 ribuan rupiah. Namun, pengirimannya sendiri baru dilakukan tahun depan.

Sumber: Digitaltrends.com