Di era perkembangan teknologi yang semakin maju, tidak heran kalau sudah banyak sekali robot-robot yang diproduksi dengan berbagai macam kemampuan. Tetapi robot yang bernama Kengoro ini diciptakan dan dikembangkan oleh para ilmuwan di Jepang dengan struktur dan sistem tubuh layaknya manusia, bahkan robot ini bisa berkeringat saat melakukan olahraga!

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ‘Science Robotics’ yang dirilis hari ini mengungkapkan para ilmuwan tersebut sengaja membuat agar Kengoro memiliki struktur tulang, sistem saraf, dan sistem pengolahan informasi di otak yang sama dengan manusia. Hal itu dilakukan untuk lebih memahami tentang cara kerja atau mekanisme internal manusia. Kengoro didesain agar memiliki sistem biologi seperti manusia secara mendetail.

Ilmuwan tersebut mempraktekkan cara Kengoro berolahraga. Kengoro betul-betul melakukan gerakan olahraga seperti manusia. Robot humanoid itu bahkan tidak terlihat seperti robot-robot yang biasanya memiliki kekuatan super di atas rata-rata manusia pada umumnya. Kengoro kelihatan letih saat berolahraga, gerakannya terlihat seperti manusia yang sedang kelelahan dan berkeringat ketika olahraga contohnya kalau melakukan push up.

Kengoro diciptakan dengan mengambil desain manusia yaitu rata-rata kebanyakan anak laki-laki di Jepang yang berusia 13 tahun. Mengenai mengapa robot ini bisa sampai mengeluarkan keringat. Rupanya motor di dalam robot tersebut memiliki air yang mengalir untuk mendinginkan mesinnya saat sang robot sedang beraktivitas. Air tersebut kemudian dikeluarkan lewat pori-pori buatan yang ada pada robot agar lebih cepat melepaskan panas.

Sumber: Techcrunch.com