Olahraga memang menyehatkan, bahkan sangat disarankan oleh dokter. Sayangnya jika kita tidak memilih tempat yang benar, semua olahraga yang kita lakukan akan jadi sia-sia. Sebuah studi kesehatan terbaru dari Inggris menemukan fakta bahwa polusi udara yang sering kita jumpai di tengah-tengah kota rupanya mampu menangkal manfaat dari latihan olahraga yang dilakukan.

Mereka yang hobi melakukan olahraga seperti lari atau sekedar jalan-jalan pagi di taman atau jalanan perkotaan yang penuh dengan asap, bukannya merasakan efek positif dari latihan olahraga yang mereka lakukan namun justru menjadi sulit bernafas.

Studi yang diterbitkan dalam salah satu jurnal kesehatan ini telah mengamati beberapa partisipan. Peneliti menyarankan kepada para partisipan tersebut, baik mereka yang mempunyai tubuh sehat maupun yang menderita penyakit gangguan pernapasan untuk meminimalisir olahraga di tengah-tengah perkotaan yang penuh dengan polusi udara sebab asap-asap tersebut rupanya membuat manfaat dari olahraga yang dilakukan menjadi sia-sia.

Peneliti merekomendasikan bahwa lebih baik melakukan olahraga di tempat-tempat yang masih hijau dan rindang dengan level polusi rendah. Dalam studi tersebut juga ditemukan bahwa asap dari kendaraan seperti truk dan mobil yang mengandung nitrogen dioksida sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru sebab dapat menurunkan fungsinya.

Sayangnya tidak hanya di Inggris, mungkin di seluruh dunia kita tahu bahwa akan sangat sulit menemukan taman atau tempat yang masih hijau dengan udara segar apalagi di tengah perkotaan yang padat dengan kendaraan bermotor. Kecuali Anda ingin pergi tiap hari ke pedesaan hanya untuk berolahraga. Tentu saja solusinya adalah dengan melakukan olahraga di dalam ruangan.

 

Sumber: NBCnews.com