Siapa yang tidak kenal dengan Bandung? Kota yang mempunyai julukan sebagai “Kota Kembang” ini merupakan pusat kota metropolitan terbesar di Jawa Barat. Bandung juga merupakan ibukota dari Jawa Barat. Ada banyak sekali tempat yang dapat Anda kunjungi ke Bandung dan memang mengunjungi ke Bandung itu tidak pernah membosankan. Bandung juga merupakan kota alternatif untuk warga Jakarta yang ingin liburan ke tempat-tempat terdekat. Setiap akhir pekan ribuan kendaraan selalu menyerbu bandung dan selalu membuat kemacetan panjang. Mungkin anda juga salah satu pelakunya. Tidak heran kalau bandung selalu dipadati orang mengingat banyaknya destinasi wisata menarik di sana. Nih buat Anda yang ingin suasana sejuk dan ingin membuat pikiran Anda fresh dari kejenuhan kota dan pekerjaan yuk kunjungi tempat wisata alam di Bandung yang wajib Anda kunjungi.

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang ini berada di daerah Bandung Selatan dan lebih terkenal dengan sebutan Situ Patenggang. Danau ini berada pada sekitar 1600 meter diatas permukaan laut dan merupakan tempat wiata yang mempunyai pemandangan yang indah dan asri. Selain itu juga disekitar danau Situ Patenggang ini kebun teh berhamparan luas. Ada banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan di danau Situ Patenggang diantaranya Memancing, mengelilingi Pulau Asmara, piknik di pinggir danau, mengitari kebun teh, bermain sepeda air, mengunjungi batu cinta, serta mengitari danau dengan menggunakan perahu warna-warni.

Untuk mengunjunginya Anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Terminal Leuwi Panjang Bandung yang mengarah ke Terminal Ciwidey. Lalu Anda gunakan angkot yang menuju Situ Patenggang. Untuk tiket masuknya sebesar Rp. 15.000 / orang dan untuk kendaraan bermotor Rp 3.500, mobil Rp 11.500 dan bus sebesar Rp 22.000

Curug Malela Bandung

Curug Malela Bandung

Curug Malela Bandung

Curug Malela Bandung

Curug Malela Bandung

Atau dalam arti Indonesia adalah Air Terjun Malela ini merupakan salah satu curug yang paling indah yang ada di Bandung. Terletak di desa Cicadas, Kecamatan Ronga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat provinsi Jawa Barat menjadikan Curug Malela Bandung ini salah satu wisata alam yang terbaik yang pernah ada. Pemandangannya sangat indah dan mempunyai udara yang sejuk. Curug Malela juga sering disebut dengan Air Terjun Niagara Mini dan masih menjadi tempat wisata yang terisolir dari peradaban. Curug Malela ini merupakan tempat wisata alam di Bandung yang bagaikan harta karun. Untuk menuju tempat ini dapat dicapai sekitar 3 jam dari pusat kota Bandung dan berjalan kaki sepanjang 10 km dengan menyusuri bukit yang hijau dan indah terhampar luas.

Gunung Batu

Gunung Batu

Gunung Batu

Buat Anda yang suka akan mendaki tempat ini sangat cocok untuk Anda pijaki. Gunung Batu terletak di Lembang dan merupakan gunung yang mempunyai panorama yang paling menakjubkan dan fenomenal, baik itu pada saat sunset maupun sunrise. Anda dapat melihat indahnya hiasan lampu-lampu kota Bandung pada malam hari di ketinggian 1228 MDPL. Dari ketinggian tersebut juga Anda dapat melihat gunung-gunung besar misalnya Gunung Putri, Bukit Tanggul, Palasari, Tangkuban Perahu, serta Manglayang.

Bukit Moko

Bukit Moko

Bukit Moko

tempat wisata alam di Bandung yang selanjutnya adalah Bukit Moko yang terletak di kecamatan Cimenyan di atas terminal Cicaheum Bandung. Bukit ini memberikan nuansa romantis terlebih lagi ketika senja. Bukit Moko ini termasuk dalam tempat wisata alam yang baru dieksplorasi. Bukit ini berada di desa Cimenyan, Bandung dan ditempat ini Anda dapat menikmati keindahan hutan pinus sambil berjalan menuju Puncak Bintang, yaitu puncak paling tinggi pada bukit Moko. Untuk datang ke Bukit Moko sebaiknya sebelum matahari terbenam karena selain Anda mendapatkan momen sunset juga dapat melihat banyaknya cahaya yang gemerlap dari kota Bandung. Suhu di Bukit Moko sangat dingin sekali kira-kira dapat mencapai suhu 15 derajat Celcius untuk itu sebaiknya gunakan jaket ketika mengunjungi tempat ini.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih Ciwidey

Kawah putih Ciwidey

Hampir semua orang yang pernah ke Bandung pasti mengunjungi tempat wisata alam yang paling terkenal ini. Berlatar sebuah kawah yang mempunyai warna putih, kawah putih Ciwidey ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Bukan hanya tanahnya saja yang berwarna putih karena tercampur dengan belerang, tetapi airnya juga terkdang menjadi warna putih kehijauan dan berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung dan juga menyesuaikan dengan cuaca dan suhu. Untuk tiket masuknya di Kawah Putih Ciwidey ini sebesar Rp 15.000.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung-Tangkuban-Perahu

Gunung-Tangkuban-Perahu

Gunung yang terkenal dengan cerita legendanya ini juga merupakan tempat wisata alam di Bandung yang sangat fenomenal. Jika diperhatikan memang gunung ini terlihat seperti perahu yang terbalik. Gunung Tangkuban Perahu ini sangat banyak diminati oleh para pengunjung yang baru pertama kali datang ke Bandung. Gunung Tangkuban Perahu buka pada jam 08.00 sampai dengan jam 17.00 waktu setempat. Gunung Tangkuban Perahu juga sering diselimuti oleh kabut dan pastinya akan terasa sangat sejuk.

Sari Ater hot spring

Sari Ater Hot Spring

Sari Ater Hot Spring

Dari Gunung Tangkuban Perahu Anda dapat langsung mengunjungi Sari Ater hot spring ini karena jaraknya hanya 7 km dari Gunung Tangkuban Perahu. tempat wisata alam di Bandung ini cocok sekali untuk Anda yang ingin berendam di air hangat untuk memberikan rasa rileks pada. Selain terkenal di Bandung, Sari Ater ini juga merupakan tempat wisata yang terkenal di Indonesia. Anda dapat menikmati sumber mata air panas yang disediakan dalam bentuk sebuah kolam serta kamar rendam yang mempunyai desain unik. Jika Anda dari terminal Lembang maka perjalanan yang diperlukan hanya 30 menit lalu turun di Jl, Cagak, Kecamatan Ciater. Tempat ini bukan hanya ada tempat pemandian air panas saja tetapi juga ada tempat outbound, bumi perkemahan, dan sebagainya.

Kebun Strawberry

Kebun Strawberry

Kebun Strawberry

Apakah Anda pecinta strawberry? Maka kebun strawberry ini sangat tepat untuk Anda kunjungi karena di kebun strawberry ini Anda bukan hanya menemukan hamparan tanaman strawberry tetapi juga dapat memetiknya secara langsung dengan tangan sendiri. Anda juga dapat menikmati keindahan pemandangan sekitar wilayah Lembang Bandung Selatan, misalnya kebun teh, pegunungan, serta area pesawahan. Untuk harga perkg pada buah strawberry di Kebun Strawberry Ciwidey ini sekitar Rp 35.000 sampai dengan Rp 50.000.

De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang

De’Ranch Lembang

De Ranch Lembang

De Ranch Lembang

De’Ranch Lembang juga menjadi salah satu tempat wisata alam di Bandung yang dapat Anda nikmati bersama keluarga dan kerabat. Di De’Ranch Lembang ini Anda akan menikmati suasana bagaikan seorang cowboy. Tentunya akan sangat menarik sekali bukan? Tiket masuknya juga sangat terjangkau yaitu hanya Rp 5000 untuk satu orang dan tiket tersebut dapat ditukarkan dengan dengan satu cup Susu Sapi Murni De Ranch dengan berbagai macam rasa seperti cokelat, strawberry, dan sebagainya. Tetapi untuk arena bermainnya Anda akan dikenakan biaya lagi sesuai dengan arena permainan yang Anda inginkan. Salah satu arena bermain yang ada di De’Ranch Lembang ini diantaranya Trampolin, Delman, Sepeda Anak dan Balita, Mancing Balita, Panahan, Flaying fox,  dan sebagainya. tempat wisata alam di Bandung ini berada di Jl. Maribaya No.17 Lembang Bandung.

Ranca Upas, Ciwidey

Ranca Upas, Ciwidey

Ranca Upas, Ciwidey

Anda dapat menikmati suasana liburan yang sangat dekat dengan rusa jika berlibur ke Ranca Upas, Ciwidey. Karena di tempat ini Anda dapat menikmati pemandangan rusa secara langsung dan berinteraksi dengan rusanya langsung serta dapat memberinya makan sayuran ataupun wortel. Karena tempat ini merupakan Balai Konservasi Penangkaran Rusa dan Bumi Perkemahan. Sesuai dengan nama tempatnya, di tempat ini bukan hanya dapat berinteraksi dengan rusa saja tetapi para pengunjung juga dapat berkemah atau bermalam di tempat ini. ada juga kolam pemandian ari panas serta waterboom, fun adventure (outbond) dan fun games (bermain perahu kayak pada kolam air). Untuk tiket masuknya sekitar Rp 10.000 untuk satu orang dan jika Anda membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan yaitu kendaraan bermotor Rp 5.000, mobil Rp 2.000, dan bus Rp 20.000. tempat wisata alam di Bandung ini berada di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11 Rancabali, Ciwidey Bandung dan tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

The Lodge Earthbound Adventure Park

The Lodge Earthbound Adventure Park

The Lodge Earthbound Adventure Park

The Lodge Earthbound Adventure Park

The Lodge Earthbound Adventure Park

Ingin menikmati tempat wisata alam di Bandung yang tidak biasa? Maka Anda dapat berkunjung ke The Lodge Earthbound Adventure Park karena disana Anda bukan hanya liburan yang benar-benar menenangkan tetapi juga mendapatkan view pemandangan yang sangat menarik. Anda dapat berfoto sambil duduk pada pohon serta bermain paintball di hamparan hutan pinus ini. Selain itu ketika Anda menikmati kuliner khas tempat ini maka Ana dapat menyantapnya ditemani dengan pemandangan hutan perbukitan Maribaya secara langsung. Tempat ini hanya buka pada haru Sabtu dan Minggu pada pukul 10.00 sampai dengan waktu 17.00 WIB.

Ada banyak sekali aktivitas dan fasilitas yang tersedia di  The Lodge Earthbound Adventure Park misalnya adalah flying fox, outbound, camping, games, dan sebagainya. Selain itu tempat ini juga sering dijadikan sebagai tempat untuk mengadakan pesta pernikahan, ulang tahun, gathering, dan sebagainya. Ada juga restoran yang mempunyai konsep Sunda namanya adalah Dapur Hawu yang berada pada tengah perbukitan alam Maribaya.

Dago Pakar

Dago Pakar

Dago Pakar

Ada banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan di Dago Pakar ini mulai dari hanya sekedar berjalan-jalan saja sambil menikmati pemandangan hijau yang menyegarkan atau melakukan eksplorasi terhadap berbagai macam fauna yang ada di tempat ini. tempat wisata ini terdiri dari 2 areal yang berdampingan yang dibelah oleh Jl. Maribaya. Pada Dago Pakar ini terdapat banyak tempat wisata seperti Gua Belanda dan Gua Jepang, Curug Lalay dan Curug Omas Maribaya, kolam PLTA Bengok, Panggung Terbuka, Monumen Ir, H, Djuanda dan Gedung Informasi Taman Hutan Raya, dan masih banyak lagi. tempat wisata alam di Bandung ini berada di Komplek Taman Hutan Ir, H, Djuanda No 99 Dago, Bandung Utara. Untuk tiket masuknya sebesar Rp 11.000 untuk satu orang dan buka setiap hari Senin dan Minggu mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Goa Pawon dan Stone Garden, Padalarang

Goa Pawon dan Stone Garden, Padalarang

Goa Pawon dan Stone Garden, Padalarang

Menikmati liburan di tempat wisata alam juga dapat dinikmati di Goa Pawon dan Stoen Garden, Padalarang. Terlebih dahulu Anda harus mendaki Gunung Pasigit selama 20 menit setelah itu Anda akan tiba di mulut Goa Pawon. Tempat ini merupakan sebuah situs bersejarah karena ada banyak sekali peninggalan zaman prasejarah yang ditemukan di tempat ini. Ketika Anda melanjutkan langkah kaki ke arah puncak gunung maka Anda akan menemukan Stone Garden yang merupakan cagar geowisata dengan taburan batu karang yang biasanya ada pada pesisir pantai. Tiket masuk untuk dapat mengunjungi Goa Pawon dan Stone Garden ini sebesar Rp 5.500

Floating Market

Floating Market

Floating Market

Tempat wisata yang satu ini menggunakan objek danau sebagai medianya. Ada banyak sekali wisata kuliner yang dapat Anda nikmati bersama keluarga maupun rekan dan sahabat. Selain itu Anda juga dapat menikmati berbagai macam aktivitas lainnya mulai dari mengemudi ATV, mendayung sampan, bersepeda air mengelilingi danau, memberi makan ikan atau angsa, serta mengunjungi taman kaktus dan taman batu. Tempat ini merupakan tempat yang sangat primadona dan terkenal karena meyediakan konsep yang berbeda dari tempat yang lainnya. Untuk harga tiketnya sebesar Rp 15.000 untuk satu orang dan berlaku untuk setiap hari. Jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya tambahan misalnya untuk biaya parkir mobil sebesar Rp 30.000 dan untuk motor sebesar Rp 5.000. Jam buka untuk hari Senin-Jumat jam 09.00 sampai dengan 17.00 WIB dan untuk Sabtu-Minggu buka pada jam 09.00 sampai dengan 20.00 WIB. Floating Market berada di Jl. Grand Hotel No.33 E Lembang

Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu Family Leisure Park

Dusun Bambu Family Leisure Park

Lokasi dari tempat wisata alam di Bandung ini berada tepat di kaki gunung kawasan Situ Lembang dengan udara yang sejuk serta bersih. Untuk dapat menuju tempat wisata ini Anda juga masih harus menaiki shuttle dari tempat parkirnya. Di tempat ini Anda dapat merasakan suasana yang segar dan rileks dan tentunya ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan misalnya naik balon udara serta mendayung kano sambil menikmati udara pegunungan yang segar. Di tempat ini Anda juga dapat bermalam dan tempat penginapannya dapat Anda pilih sendiri, yaitu pondokan atau menggunakan tenda.

Itu dia beberapa tempat wisata alam di Bandung yang wajib Anda kunjungi baik bersama keluarga, kerabat, sahabat, maupun dengan pacar. Dijamin Anda akan merasa nyaman dan betah di tempat-tempat ini karena mempunyai suasana yang sejuk yang sangat berbeda sekali dengan daerah perkotaan.

Untuk tiket masuknya dikenakan biaya Rp 15.000 untuk satu orang jika membawa anak kecil dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya. Untuk yang membawa mobil maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000. di dalam Dusun Bambu ini terbadi atas beberapa area diantaranya ada Kampung Layung, Saung Purbasari, Balad Lodaya, Pasar Khatulistiwa, Sampan Sangkuriang, Camping Groung, Tegal Pangulinan, Lutung Kasarung, dan Burangrang.

Pada area tersebut memiliki keunikan masing-masing jadi Anda harus mengunjunginya satu persatu. Jika Anda merasa kurang puas maka Anda dapat menginap di tempat ini karena tempat ini memang menyediakan tempat penginapan pada beberapa areanya salah satunya adalah pada area Kampung Layung. Nah untuk Anda yang ingin membeli cidera mata atau berbelanja maka Anda dapat langsung mengunjungi area Pasar Khatulistiwa karena pada area tersebut banyak sekali oleh-oleh khas Sunda serta wisata kuliner diataranya ada Mie Kocok, Soto Bandung, Surabi, Lotek, dan sebagainya.

Untuk dapat berkunjung ke tempat ini Anda harus melewati Curug Cimahi terlebih dahulu lalu sekitar 300 meter dari Curug Cimahi terdapat gapura yang bertuliskan “KOMANDO” yang terletak apda sisi kanan. Setelah masuk maka kurang lebih 500 meter perjalanan Anda sudah sampai di gerbang masuk Dusun Bambu.

 

Itu dia beberapa daftar tempat wisata alam di Bandung  yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berada di wilayah Bandung.