Jika anda berpikir bahwa anda hanya memesan makanan yang anda sukai di sebuah cafe atau restoran, anda salah besar. Ternyata restoran yang menawarkan banyak jenis makanan ini tidak membiarkan anda memesan makanan anda sendiri. Dalam artian, mereka memiliki kemampuan untuk mempengaruhi anda setiap kali anda memesan makanan lewat menu yang mereka susun. Pada dasarnya sebuah menu yang diberikan pada konsumen adalah salah satu strategi yang telah disusun oleh pihak marketing guna menggoda anda untuk memesan setiap makanan yang lebih mahal. Contohnya adalah starter atau makanan pembuka, restoran yang memiliki kemampuan marketing yang baik akan membuat anda membeli lebih meski pada awalnya anda tidak merencanakannya.

Bagi anda yang tidak ingin mengikuti alur yang direncanakan oleh para marketing tersebut maka anda perlu mengetahui trik yang dilancarkan oleh para pelaku bisnis makanan tersebut. Strategi marketing yang dimiliki oleh restoran sebenarnya adalah strategi yang mempergunakan warna dan trik yang akan mempengaruhi psikologi anda. Berikut ini merupakan beberapa trik yang digunakan untuk membantu anda mengambil keputusan dalam memilih makanan dari menu.

Pewarnaan

Warna adalah salah satu hal yang penting dalam hidup kita. Warna bisa dengan mudah mempengaruhi pikiran dan juga perasaan seseorang. Hal ini telah banyak diteliti dan diterapkan dalam sistem pembuatan desain menu. Ada beberapa warna yang akan digunakan oleh perusahaan untuk memberikan dorongan lebih besar pada konsumennya. Warna-warna ini biasanya dipergunakan pada menu yang memiliki gambar didalamnya.

Para pemilik dan desainer menu di restoran sering menggunakan warna hijau untuk memberikan kesan yang fresh dari makanan yang disajikannya. Dalam menu juga akan diberikan warna orange yang bertujuan untuk menigkatkan selera makan. Warna kuning juga sering hadir pada menu makanan untuk memberikan suasana senang yang membuat perhatian konsumen tertuju padanya. Ada juga warna merah yang akan membantu konsumen untuk membeli makanan yang memiliki harga dan memberikan keuntungan yang besar pada restoran.

Layout

Secara psikologis orang akan melihat sebuah menu dari tengah terlebih dahulu, lalu ke kanan atas baru ke kiri atas. Hal ini juga dimanfaatkan oleh restoran yang ingin mengarahkan konsumen untuk memilih makanan yang memiliki margin keuntungan tertinggi.

Harga

Didalam menu makanan anda akan sering kali kehilangan tulisan 0 dan juga penanda mata uang disana. Hal ini juga salah satu strategi marketing. DenganĀ  penghilangan angka 0 ini anda akan lebih berani membeli barang dengan harga yang sedikit lebih mahal sekitar 30% dari budget yang anda miliki. Perhatikan jika sebuah menu memberikan harga menu A dengan harga 20 ribu, dan menu B dengan harga 24 ribu.

Deskripsi

Pernahkan anda melihat sebuah menu dengan deskripsi unik yang membuat anda bisa membayangkan lezatnya masakan yang ditawarkan? Jika ya, anda sedang berada dalam buaian marketing dari restoran yang sedang anda kunjungi.

 

Mirror