Pekerjaanmu sudah menyita banyak waktu keluarga/ orang-orang terdekatmu. Jangan tambah lagi dengan lemburmu.

hindari kerja lembur

hindari kerja lembur (gambar : synergygbl.com)

Mungkin tadi siang kamu bekerja terlalu lambat. Mungkin kamu bekerja kurang fokus sehingga sampai harus menambah jam lembur. Atau, mungkin tidak keduanya. Bisa jadi beban pekerjaan memang terlalu banyak dan perusahaan tempat kamu bekerja butuh lebih banyak orang. Kalau kamu cukup sering lembur di kantor. Mungkin kamu harus berpikir ulang.

Berapa lama lagi keluarga di rumah harus menunggu kamu ?. Lebih dari sepertiga waktumu sudah kamu berikan untuk pekerjaan dan perjalanan. Sepertiganya  lainnya untuk isirahat. Jadi, sebetulnya hanya kurang dari sepertiga waktu sisa yang kamu punya.

Seperti kamu datang, Pulanglah tepat waktu. Tubuhmu juga punya batasan. Jangan sisa-sisa tenaga & pikiran yang kamu berikan untuk orang-orang di sekitarmu.

Setelah Jam Kantor, Segeralah Pulang (gambar: maxmanroe.com)

Ingat, keluarga kamulah yang akan mengurus & menjagamu jika kamu sakit, bukan teman kantor apalagi atasan. Mereka semua juga punya keluarga yang harus diurus. Kantor tempatmu bekerja akan beraktifitas kembali besok pagi. Semuanya bakal berjalan normal kecuali kamu & penyakitmu.

Kamu akan kembali bekerja jika kamu sehat. Tapi jika sakit untuk waktu lama, maka tempatmu bekerja mungkin sudah bersiap mencari penggantimu.

Kalau kamu kuat berjam-jam di meja kerja. Berapa lama kamu bertahan di meja makan ?.

makanlah bersama keluargamu (gambar : womantalk.com)

Segera pulang dan makanlah bersama keluarga. Enggak perlu lauk pauk istimewa di meja makan. Yang penting semua orang yang kami sayangi ada di sana. Jauhkan HPmu dari meja makan. Kecuali ada keadaan yang benar-benar darurat, seharusnya tidak ada panggilan pekerjaan sepulang kantor.

Nikmati waktu yang ada bersama orang-orang terdekatmu. Jangan sampai kamu menyesal karena tidak cukup luangkan waktu dengan mereka.

Nikmati Waktu Kebersamaan (gambar : travisqu.com)

Luangkan waktu dengan orang-orang terdekatmu. Akan tiba saatnya kamu berpisah dari mereka. Sebelum itu terjadi, luangkanlah waktumu untuk mereka. Syukuri setiap momen yang ada. Jangan sampai kamu menyesal karena tidak pernah berikan waktu yang cukup untuk mereka. Be Present. Hadirkan hati dan pikiran kamu secara penuh.

Jangan bawa pekerjaan. Jangan perlihatkan bebanmu. Akan ada waktunya nanti ketika kamu harus kembali ke pekerjaanmu. Mereka akan tahu jika kamu sedang memikirkan sesuatu (masalah). Jadi, jangan pikirkan masalah. Buat acara itu menyenangkan.