Kontes Kecantikan Sapi

Kontes kecantikan pada umumnya diikuti oleh wanita cantik dan berprestasi. Namun, tidak demikian di India. Ratusan lembu dan sapi terlihat diarak berjalan dalam sebuah kontes kecantikan yang unik selama akhir pekan di Rohtak, India Utara. Adapun kontes tersebut sengaja digelar oleh pemerintah daerah setempat seperlu mempromosikan keturunan sapi domestik sekaligus meningkatkan kesadaran akan hak hewan.

Peserta Kontes Kecantikan

Dalam kontes kecantikan tersebut, terlihat kurang lebih 600 ekor lembu dan sapi turut berpartisipasi. Masing-masing kontestan didampingi oleh pemilik sapi. Diketahui ada peserta yang berasal dari Haryana yang membawa serta lembu dan sapi yang menjadi kebanggaan. Namun, hanya keturunan pribumi yang diperbolehkan ikut dalam kontes kecantikan yang unik tersebut.

Acara unik yang digelar memang layak disebut sebagai kontes kecantikan. Pasalnya setiap ekor lembu dan sapi yang berpartisipasi terlihat cantik menawan. Cara berjalan lembu dan sapi kontestas pun begitu elegan dan berjalan cepat. Hanya saja beberapa ekor sapi lain memang mesti dipaksa berjalan terlebih dulu.

Lembu dan sapi kontestan dinilai berdasar ukurannya, penampilan secara keseluruhan, dan ukuran panjang tanduk. Selain itu, penampilan dan kapasitas susu yang dihasilkan juga turut dinilai.

Hadiah Bagi Pemenang

Pemenang kontes berhak membawa pulang hadiah berupa uang senilai 250.000 rupee atau setara dengan USD 3.600. Tentu jumlah uang yang tidak sedikit bukan. Adapun hadiah diberikan langsung oleh OP Dhankar selaku Menteri Pertanian Haryana.

[youtube id=”https://www.youtube.com/watch?v=sFphY4HE9k8″ width=”600″ height=”350″ autoplay=”no” api_params=”” class=””]