Ada kabar mengejutkan datang dari salah satu aplikasi pesan instan paling terkenal di dunia, WhatsApp. Rencananya perusahaan tersebut akan menghentikan layanannya pada beberapa merek ponsel tepat pada tanggal 1 Januari 2018 atau setelah malam tahun baru.

Pengumuman ini sebenarnya sudah lama diumumkan di awal tahun, namun akhirnya baru akan dilaksanakan mulai awal tahun mendatang. Keputusan ini sengaja dibuat oleh pihak WhatsApp sebab mereka berencana untuk 7 tahun ke depannya hanya akan berfokus pada sistem operasi populer seperti iOS dan Android. Seperti yang kita ketahui, 2 sistem operasi ini adalah OS yang paling banyak dipakai oleh para pengguna mobile phone.

WhatsApp akan menghentikan layanannya pada sistem operasi BlackBerry OS atau BlackBerry 10. Jadi, ponsel BlackBerry apa saja yang menggunakan OS ini sudah tidak akan bisa lagi memakai layanan WhatsApp setelah tanggal 31 Desember 2017. Meski BlackBerry sudah beralih ke sistem operasi Android, namun nyatanya masih ada beberapa ponsel BlackBerry lama yang memakai BlackBerry OS.

Selain BlackBerry OS, semua ponsel yang memakai sistem pengoperasian Windows dan iPhone 3GS/ iOS6 juga tidak akan bisa menikmati aplikasi layanan chatting kepunyaan Facebook ini. Dan mulai tanggal 1 Februari 2020, WhatsApp juga akan menghentikan layanannya pada Nokia S40 serta Android versi 2.3.7 dan dibawahnya.

Wah, bagi Anda yang mempunyai ponsel-ponsel lawas dengan sistem operasi di atas, maka jika masih ingin memakai layanan WhatsApp sebaiknya segera mengupgrade ke ponsel yang memakai sistem operasi iOS atau Android terbaru.

Sumber: Dailystar.co.uk