WhatsApp sepertinya akan mulai untuk memonetisasi aplikasi messaging mereka dengan memberikan charge pada enterprise besar untuk alat agar dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan pelanggan. Selain itu WhatsApp juga akan menawarkan aplikasi bisnis gratis pada perusahaan berukuran kecil sampai menengah. Namun sampai sekarang mereka belum memberikan spesifikasinya.

Aplikasi ini dapat menjadi solusi bagi perusahaan agar dapat memberikan notifikasi berguna pada pelanggan seperti jadwal penerbangan, konfirmasi delivery, serta berbagai update lainnya. Kepala operasi WhatsApp menyatakan bahwa mereka berencana untuk mencharge perusahaan di masa yang akan datang, namun sampai sekarang mereka belum mengetahui detail monetisasi yang akan dilakukan.

Kemungkinan WhatsApp akan mencharge perusahaan seperti bank, perusahaan e commerce, perusahaan penerbangan, dan lain sebagainya yang memiliki banyak akun sekaligus serta mengirimkan volume pesan yang sangat tinggi. Mereka mungkin juga akan mencharge untuk penggunaan AI yang berfungsi sebagai bot atau transaksi e commerce.

Namun akun bisnis tersebut terlebih dahulu harus dihubungi oleh pengguna WhatsApp sebelum mereka dapat memberikan respon menggunakan pesan sponsor ataupun pesan organic lainnya.

Fungsi yang sama juga diterapkan pada Facebook Messenger yang kemudian dikembangkan menjadi iklan dengan fungsi “tap untuk mengirimkan pesan” yang dapat memancing percakapan sehingga perusahaan dapat menfollow up dengan mengirimkan pesan sponsor. Mari kita lihat perkembangan selanjutnya dari aplikasi bisnis yang akan diluncurkan WhatsApp tersebut.

Sumber: Techcrunch