Di zaman digital seperti sekarang ini orang diberikan kemudahan untuk melakukan belanja tanpa perlu keluar rumah, belanja online sudah menjadi salah satu gaya hidup yang begitu melekat dalam kehidupan sehari-hari, tidak heran jika saat ini banyak orang yang mulai beralih menjalankan usaha dari toko offline ke online, dengan tips sukses jualan online bisa membantu Anda dalam mendapatkan orderan yang lebih banyak.

Apakah Anda sudah terjun ke dunia bisnis online? Sudahkah akun bisnis Anda mengalami peningkatan atau justru stuck? Mungkin pertanyaan tersebut sudah akrab Anda dengar, banyaknya orang yang mulai bisnis online tentu akan menambah pesaing terlebih mereka juga menjual produk yang sama namun dengan harga yang lebih miring, dengan banyaknya orang yang mulai bisnis online mau tidak mau Anda harus memutar otak agar sukses jualan online di marketplace dan produk yang Anda jual selalu masuk dalam kolom pencarian.

Kini siapa saja bisa membeli barang hanya melalui smartphone, cukup dengan mengetikkan barang di kolom pencarian mesin pencari maka daftar barang dari berbagai online shop akan langsung keluar, selanjutnya calon pembeli dapat langsung scrolling dan menentukan pilihan yang kiranya menarik dan sesuai dengan yang mereka inginkan, apa saja barang yang sering dibeli secara online?

Pakaian

Belanja online menjadi solusi bagi siapa saja yang mencari pakaian agar bisa mengikuti tren gaya, orang-orang tidak perlu lagi datang ke mall atau toko online apalagi bagi mereka yang tidak mempunyai cukup waktu untuk datang langsung ke store, pakaian menjadi salah satu barang yang paling banyak dibeli secara online.

Ada beragam pilihan dari toko online yang bahkan menawarkan harga lebih miring dari harga toko offline, meskipun hanya lewat online tapi calon pembeli bisa dengan mudah mengetahui ukuran; warna hingga jenis kain dari kolom deskripsi, apalagi para perempuan cenderung menjadi konsumen yang paling banyak membeli pakaian secara online.

Produk Kecantikan

Lagi-lagi kaum hawa dimanjakan dengan kemudahan dari belanja online, banyak layanan penyedia belanja online yang menawarkan potongan harga untuk pembelian produk kecantikan tertentu, tidak hanya bisa membeli produk lokal saja calon pembeli juga bisa menemukan produk impor di layanan penyedian belanja terpercaya.

Namun calon pembeli perlu berhati-hati saat membeli produk kecantikan karena ada saja pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang menjual produk palsu, jadi pastikan untuk memilih toko online yang memang sudah memiliki review dan rating yang bagus, penting juga membaca review dari para pelanggan yang sudah membeli produk dari sebuah toko online agar terhindar dari penipuan online.

Alat Elektronik

Tidak hanya kaum hawa saja yang kini suka belanja online tapi kaum adam juga tidak mau ketinggalan membeli barang lewat online, sudah banyak online shop yang menjual barang-barang elektronik mulai dari smartphone hingga kamera drone, membeli barang elektronik secara online dibutuhkan ketelitian dan tingkat kewaspadaan yang tinggi mengingat harga barang-barang elektronik tidaklah murah, agar tidak salah pilih toko upayakan untuk menjalin komunikasi dengan pihak penjual serta lihat kolom diskusi produk.

Kebutuhan Rumah Tangga

Dan barang yang sering dibeli secara online selanjutnya adalah kebutuhan rumah tangga, calon pembeli bisa dengan mudah menemukan banyak online shop yang menjual keperluan rumah tangga seperti kompor; blender hingga alat pemotong rumput, berbagai kebutuhan rumah tangga dengan harga yang terjangkau bisa didapatkan lewat belanja online.

Dari beberapa barang yang paling dicari di online tersebut membuka peluang bagi Anda yang ingin berbisnis online, meski belum pernah memulai usaha tapi tidak ada salahnya Anda untuk mencoba berjualan di penyedia jasa belanja online hingga sukses jualan online, apalagi Anda bisa membuat akun jualan gratis di marketplace belanja online seperti Lazada, siapa yang tidak tahu Lazada? Sebagai top 5 marketplace terbesar di Indonesia Lazada mempunyai banyak target market di daerah-daerah sehingga memungkinkan Anda menjangkau market yang lebih luas

Bagi Anda yang pemula mungkin masih bingung bagaimana tips sukses jualan online, meski terlihat mudah namun ada tantangan tersendiri saat berjualan online, dibutuhkan kesabaran dan strategi agar toko online Anda tetap eksis dengan pembeli setianya, Rio Gandhi dalam channel Youtubenya memberikan beberapa cara sukses jualan online di Lazada hingga banjir orderan.

Judul Produk

Jangan anggap remeh terkait pemberian judul sebuah produk, Lazada sendiri memiliki 255 huruf untuk membuat judul produk, jadi pastikan Anda memaksimalkan kapasitas huruf yang disediakan saat membuat judul atau SEO produk di Lazada, atau setidaknya buatlah minimal 100 huruf agar produk Anda muncul pada saat konsumen mencari produk di kolom pencarian Lazada.

Ketika Anda mengupload gambar produk akan muncul basic information yang terdiri dari nama produk serta kategorinya, cobalah untuk melakukan riset judul produk yang sekiranya paling sering dicari oleh calon pembeli sehingga bisa menjangkau pencarian.

Performa Produk

Lazada juga mempunyai performa score produk yang berada di posisi bawah setelah Anda mengupload produk, range content score produk adalah dari 0 hingga 100 atau setidaknya minimal score produk Anda bisa mencapai 90, bagaimana caranya mendapatkan score produk yang tinggi? Jadi Anda harus mengisi dengan lengkap kolom-kolom yang penting seperti kolom judul; kategori; deskripsi; foto produk; varian; berat; harga dan lainnya, dengan kelengkapan pengisian tersebut dapat memudahkan calon pembeli untuk langsung membeli produk tanpa harus banyak bertanya.

Aktifkan COD

Mengingat kebanyakan pembeli di Lazada berasal dari luar daerah jadi pastikan Anda mengaktifkan fitur COD, selain masih kurang tim ekspedisi rata-rata para pembeli lebih suka sistem COD, jadi sebaiknya lewat fitur COD ini barang yang Anda jual adalah barang-barang low risk atau tidak mudah pecah, begitu juga dengan packaging usahakan barang yang dibayar dengan sistem COD ini dikemas secara simpel tidak ribet, karena jika pembeli ingin retur produk namun packaging dari Anda ribet nantinya malah akan membuat Anda mengeluarkan cost lebih.

Produk Banyak Dicari

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya pembeli di marketplace Lazada cenderung orang di luar daerah, cobalah untuk meriset market atau menganalisis produk terkait barang yang mungkin tidak mudah ditemukan di daerah, atau mungkin Anda bisa menjual produk yang laku di kota tetapi tidak ada di daerah.

Iklan

Usahakan untuk selalu membuat iklan namun tetap memperhatikan ketersediaan budget yang Anda miliki, iklan ini bertujuan agar mendapatkan trafic yang bisa mengundang calon pembeli berkunjung ke toko online Anda, dengan mengunjungi toko online Anda tentu bisa membuka peluang untuk membeli produk.

Dari 5 tips sukses jualan online di atas terdapat tiga hal paling penting yang paling mempengaruhi peningkatan orderan yaitu performa produk, kelengkapan judul dan mengaktifkan fitur COD, jangan lupa dekorasi toko Anda dan upload foto produk menarik,

Anda bisa mengikuti semua panduan di atas langsung dari channel Youtube Rio Gandhi di bawah ini :

selamat mencoba!

See also  Begini Cara Menambah Trafik Dan Teknik Rahasia Jualan Rame Lazada ala Muhammad Ravis