Pernahkah kalian bertanya-tanya, sebenarnya beberapa perusahaan terkenal di Indonesia seperti Trants TV, TRANS 7, Trans Studio milik siapa? Hebatnya ketiga perusahaan besar tersebut dimiliki satu orang yaitu Chairul Tanjung. Pembisnis hebat Indonesia yang satu ini memang sudah sangat populer sekali di industri hiburan. Selain itu juga berhasil membangun perusahaan perbankan yaitu Bank Mega dan juga media massa elektronik seperti Detik.com. Sebelum menjadi pemilik dari berbagai bisnis di atas, Chairul Tanjung mengalami banyak masa suram dan penderitaan terlebih dahulu.

Seorang Dokter yang Jadi Pembisnis

Chairul Tanjung lahir pada tanggal 16 Juni 1962 dari keluarga yang sederhana. Ia sendiri sebetulnya merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran di Universitas Indonesia. Akan tetapi ketika beranjak dewasa, cita-citanya berubah yaitu ingin menjadi seorang pembisnis. Perjalanan bisnis yang pertama kali dimulai karena ia merasa kalau biaya kulianh kedokteran semakin mahal. Akhirnya, ia berniat membuka sebuah toko yang menjual berbagai macam peralatan medis dan juga keperluan laboratorium. Tak bertahan lama, usaha pertama itu bangkrut dan tidak memberikan keuntungan besar sama sekali. Tapi ia tidak mudah menyerah dan tetap mencoba peluang usaha lain, seperti di bidang kontraktor. Chairul Tanjung berhasil mendapatkan dan mengerjakan proyek industri berbahan dasar dari kayu rotan. Meskipun berjalan lancar dan memberikan keuntungan besar, tetapi ia memilih keluar dan mendirikan bisnisnya sendiri.

Setelah resmi keluar dari perusahaan industri tersebut, Chairul Tanjung tertarik pada tiga bidang usaha yaitu property, multimedia, dan keuangan. Ia berfikir lama sebelum mengambil keputusan, dan akhirnya berdirilah perusahaan bernama Para Group yang fokus pada properti dan keuangan. Untuk pertama kalinya membangun properti terbesar yaitu Bandung Super Mall dan menghabiskan modal lebih dari 99 milyar rupiah. Kemudian, ia memberanikan diri membeli saham dari Carrefour sebesar 40%.

Membangung Bisnis Lainnya

Tak berhenti hanya membangun satu mall saja, Chairul Tanjung mendirikan bisnis lain di bawah perusahaan Para Group. Di bidang perbankan, ada Bank Mega dan juga Bank Syariah Mega Indonesia. Lalu di bidang layanan asuransi terdapat Asuransi Jiwa Mega Life dan Asuransi Umum Mega. Dilankutkan dengan menambahkan usaha di bidang properti seperti membangun Trans Studio Bandung, Trans TV, Trans7, Carrefour Indonesia dan masih banyak lagi.

Mulanya hanya satu bisnis yang dibangun, lalu kemudian semakin meluas dan besar. Chairul Tanjung dinyatakan sebagai salah satu orang terkaya dan berpengaruh di Indonesia. Tak hanya karena mempunyai aset serta keuntungan usaha berlimpah, melainkan pengalaman dan ilmu bisnis yang dimilikinya.

Bapak yang mendapat julukan sebagai Anak Singkong ini berpesan kepada masyarakat Indonesia yang tertarik pada bisnis. Kunci utama agar bisa berhasil adalah sabar, tekun, dan berusaha mencari banyak koneksi. Chairul Tanjung juga berpesan kalau jangan sampai menggunakan jalan instan dalam berbisnis karena hanya memberikan sukses dan keuntungan sementara. Mulai dari nol dan bersusah payah dahulu memang jauh lebih nikmat karena kita bisa sambil belajar dari keadaan serta pengalaman.