Kamu mungkin saat ini sedang mencari-cari peluang bisnis. Entah itu untuk mengembangkan bisnis kamu yang sudah ada, atau kamu memang baru mau memulainya.

Kalau kamu sering berselancar di internet, kamu pasti juga sering melihat ada berbagai macam peluang bisnis yang ditawarkan di internet. Bisnis online saat ini memang menjadi primadona. Karena dengan adanya teknologi internet dan semakin berkembangnya media sosial, semakin membuka peluang bisnis melalui internet menjadi semakin terbuka lebar.

Salah satu bisnis online yang bisa kamu coba adalah bisnis afiliasi. Bisnis afiliasi sendiri sangat cocok buat orang yang memang baru mau memulai berbisnis online. Karena bisnis afiliasi relatif minim risiko. Karena hampir tanpa modal.
Kalau kamu saat ini juga kebetulan sedang mencari peluang bisnis, maka afiliasi ini perlu kamu coba.

seorang pemula dalam bisnis afiliasi biasanya akan memilih sebagai seorang pemasar (marketer). Karena peran ini yang memungkinkan seorang yang minim modal untuk bisa mengetahui seluk beluk dunia bisnis afiliasi, sebelum akhirnya nanti ke depannya mungkin akan menjadi pemilik produk (aamiin…)

Dalam bisnis afiliasi, para pemasar inilah yang sering disebut dengan ‘affiliate marketer’ atau lebih sering disebut ‘affiliate’ saja. Affiliate inilah yang membantu pemasaran produk yang dijual dengan skema afiliasi. Kegiatan memasarkan produk ini yang dikenal dengan ‘affiliate marketing’. Jadi kalau kamu mendaftarkan diri sebagai seorang pemasar (affiliate) maka tugas kamu adalah melakukan pemasaran produk (affiliate marketing).

Nantinya dari produk yang berhasil terjual, kamu akan mendapatkan komisi dari pihak pemilik produk. Komisi ini sangat beragam. berbeda-beda. Tergantung dari produknya dan bagaimana pemilik produk menerapkan system komisi pada para affiliatenya. Lazimnya, komisi untuk affiliate ini dalam bentuk persentase. Misalnya ada yang menerapkan komisi sebesar 20%, 50% atau bahkan sampai 70% untuk setiap produk yang berhasil terjual. Namun ada juga yang menggunakan nilai komisi yang “fixed”. misalnya sudah ditentukan Komisi sebesar Rp. 100.000,- untuk setiap produk yang berhasil terjual.

Untuk itu, sebelum kamu mulai mendaftar dalam program afiliasi, cari tahu dulu skema program afiliasinya secara lebih detil ya. Khususnya yang terkait dengan komisi affiliate. Karena komisi inilah yang menjadi daya tarik dari program afiliasi. Program yang menawarkan komisi tinggi tentu saja lebih banyak memikat para affiliate. Karena apabila berhasil menjual 1 (satu) produk saja, hasilnya bisa dibilang cukup lumayan.

Tapi jangan salah !. Biasanya komisi afiliasi itu juga berbanding lurus dengan tingkat kesulitan dalam menjual produk. Program afiliasi yang cenderung menawarkan komisi tinggi, biasanya tingkat kesulitan dalam menjualnya juga tinggi. Produk afiliasi yang menawarkan komisi afiliasi yang tinggi rata-rata juga dibanderol dengan harga yang tinggi. Oleh karena harga produknya tinggi, maka memang pangsa pasarnya juga lebih khusus. Semakin eksklusif produknya, maka pangsa pasarnya juga semakin khusus (sedikit). Sehingga perlu keahlian khusus untuk bisa berhasil menjualnya.

Sebelum memulai menjalankan bisnis afiliasi, sebaiknya kamu perlu menetapkan bidang/produk apa yang sekiranya mau kamu fokuskan. Karena ada begitu banyak produk afiliasi di internet. Kamu mungkin akan menjadi tidak fokus dan tidak optimal dalam menjalankannya. Pilih satu atau dua produk yang sekiranya paling kamu minati. Di kemudian hari, jika berkembang, maka kamu bisa menambah/memperbanyak menjual produk lainnya.

Program Afiliasi

Beberapa jenis produk yang bisa kamu pertimbangkan untuk kamu ikuti program afiliasinya, misalnya :

A. Hosting

Semua bisnis yang dijalankan secara online pastinya memerlukan layanan hosting untuk dapat menginput dan menyimpan data, melakukan berbagai settingan untuk kemudian bisa ditampilkan dan diakses melalui jaringan internet. Kalau bisnis diibaratkan Toko, maka hosting adalah tempat di mana toko itu berdiri. Di tempat itulah nanti barang/produk bisa dipajang di etalase toko. Semakin luas tempatnya, maka tentu harga toko akan semakin mahal, semakin luas berarti semakin banyak produk yang bisa ditempatkan di sana.

Beberapa layanan hosting yang juga menyediakan program afiliasi, diantaranya sebagai berikut :

  1. Niagahoster

Niagahoster adalah salah satu penyedia layanan hosting ternama di Indonesia. Berita baiknya, mereka juga membuka program afiliasi dengan komisi hingga sebesar 70%  !!. Tidak ada biaya untuk mendaftar program afiliasi ini. Tapi ingat juga bahwa kamu juga akan bersaing dengan lebih dari 2000 anggota program afiliasi niagahoster yang sudah terlebih dulu mengikuti program afiliasi ini.

Dengan kredibilitas Niagahoster sebagai salah satu penyedia layanan hosting ternama, kamu tidak perlu meragukan lagi dengan program afiliasi mereka. Sebagai informasi, bahwa Niagahoster sudah melakukan pencairan komisi untuk para anggotanya sebanyak ribuan kali. Jika melihat informasi di website resminya, mereka sudah melakukan sebanyak lebih dari 7.000 kali pencairan komisi afiliasi dengan total komisi yang dicairkan mencapai 15 Milyar rupiah. Luar biasa, bukan ?.

Niagahoster sangat terbuka dalam menginformasikan program afiliasinya. Jadi, setiap bulannya mereka akan tampilkan di website terkait pengumuman pencairan program afiliasi mereka mulai dari total komisi yang sudah dicairkan di bulan itu sampai dengan nama-nama affiliatenya yang berhasil mencapai penjualan tertinggi di bulan itu.

Produk Niagahoster

Kalau kamu mengikuti program afiliasi dari niagahoster, maka akan ada beberapa produk yang bisa kamu pasarkan. Produknya meliputi :

  1. Unlimited Hosting
  2. Cloud Hosting
  3. Mail Hosting
  4. Managed WordPress
  5. Website Instant

Layanan utama niagahoster adalah Hosting. Jadi kalau kamu mengikuti program afiliasi Niagahoster maka sebaiknya kamu benar-benar memperlajari produknya terlebih dulu, agar bisa menjelaskannya kepada calon customer.

  • Unlimited Hosting

Dari namanya mungkin kamu sudah tahu keunggulannya. Hosting ini bersifat “unlimited”. Artinya, kamu tidak dibatasi dalam penggunaan resource atau sumber daya website. Niagahoster sebagai penyedia layanan tidak menetapkan batasan khusus ketika kamu menggunakan layanan hosting ini. Hosting ini biasa dikenal pula dengan istilah “shared hosting”.

Unlimited Hosting atau Shared Hosting ini sangat cocok untuk pemula yang baru mau terjun di bisnis online. Karena untuk pemula yang baru mau merintis website, tentunya belum akan memerlukan spesifikasi yang tinggi untuk websitenya.

Dalam layanan shared hosting, pengguna akan berbagi server dengan pengguna lainnya. Berbagi server itu berarti pengguna saling berbagi resource atau sumber daya yang ada di server tersebut.  Oleh karena itu, apabila ada pengguna yang menggunakan resource secara berlebihan, maka dapat berdampak pada pengguna lainnya.

paket shared hosting niagahoster

Paket Shared Hosting Niagahoster

Pengertian “unlimited” tentu bukan berarti pengguna bisa menggunakan resource sesukanya. layanan “unlimited” hanya berarti penyedia hosting tidak menetapkan batasan khusus untuk penggunanya.  Karena penyedia hosting sudah memperkirakan bahwa kebutuhan para pemula tidak akan memerlukan spesifikasi hosting yang terlalu tinggi untuk keperluan websitenya. Jika pengguna memerlukan spesifikasi yang tinggi, itu berarti mereka sudah seharusnya “naik level” ke yang lebih tinggi.

  • Cloud Hosting

Cloud hosting punya “level” yang lebih tinggi dibandingkan shared hosting/unlimited hosting. Jika dalam unlimited hosting penyedia hosting tidak menetapkan batasan khusus bagi penggunaan storage (disk space) bagi penggunanya, maka dalam cloud hosting, pembatasan penggunaan storage ditulis dengan jelas.

paket cloud hosting niagahoster

Paket Cloud Hosting Niagahoster

Perlu diingat, bahwa menggunakan layanan cloud hosting berarti kamu tidak lagi berada di server yang sama dengan pengguna lainnya, jadi kamu tidak berbagi resource. Kamu bisa lihat di tabel cloud hosting di atas bahwa penyedia hosting (Niagahoster) mencantumkan dengan jelas batasan storage-nya. Selain itu di dalam cloud hosting juga mencantumkan besarnya RAM dan prosessornya. Jadi, kamu benar-benar memiliki kendali atas hosting/server kamu sendiri.

Cloud Hosting ini salah satu terobosan yang dilakukan oleh penyedia hostingnya, karena fungsi dan value dari hosting ini seakan menggabungkan kelebihan antara shared hosting dengan VPS (Virtual Private Server). Pengguna hosting

Peluang dan Tantangannya

Apakah mudah menjual layanan hosting ke orang lain ?.

Jawabannya, tentu saja tergantung. Bisa mudah bisa juga tidak.

Kalau anda menawarkan layanan hosting ke orang-orang yang sama sekali tidak pernah/jarang melakukan kegiatan secara online, maka bisa jadi sulit. Orang yang tidak memiliki social media, tidak memiliki akun email, kesehariannya dilakukan dengan kegiatan yang tidak melibatkan internet (offline), tidak memiliki bisnis/usaha, maka orang seperti ini tentu sulit untuk ditawarkan produk hosting.

Komisi Program Afiliasi Niagahoster

Pada tanggal 2 Januari 2019 Niagahoster melakukan perubahan kebijakan atas komisi affiliatenya. Sehingga pasca tangggal tersebut, perhitungan komisi 70% hanya berlaku untuk produk unlimited hosting, cloud hosting, dan mail hosting. Sedangkan untuk Produk Managed Hosting & Website Instant, komisinya adalah sebesar 50%.

Ikuti terus informasi tentang bisnis afiliasi di halaman ini ya. Kami akan mengulasnya kembali secara lengkap secara bertahap.

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]