Reddit, salah satu situs kenamaan di Amerika juga menjadi sarana bagi para pendukung presiden terpilih USA Donald Trump untuk menyuarakan pendapatnya di dalam suatu grup media sosial (medsos) tersebut yang dinamakan the_donald. Beberapa hari lalu, rupanya salah satu moderator dari grup tersebut telah menghapus postingan mengenai topik berita yang muncul dalam forum itu.

Berita yang dimaksud adalah mengenai 2 teori konspirasi terkait berita yang amat sensitif sekaligus yang sedang panas-panasnya dibicarakan di Amerika Serikat yaitu “Pizzagate” dan “Julian Assange”. Seperti yang diketahui, Julian Assange adalah pendiri dari WikiLeaks yang dikabarkan tengah menghilang dan banyak rumor mengatakan bahwa ia telah dibunuh. Selain itu, juga ada berbagai berita mengabarkan bahwa hal ini berhubungan dengan Pizzagate, begitu pula banyak yang menghubung-hubungkan dengan Hillary Clinton.

julian assange

julian assange

Alasan mengapa moderator grup tersebut menghapus beberapa isi atau konten dari postingan grup mereka adalah karena mereka berusaha untuk menjaga pembicaraan maupun post-post yang ada di grup tersebut dari konten ilegal, klaim-klaim aneh yang tidak dapat dibuktikan, dan sebagainya. Meskipun komunitas tersebut menginginkan para moderator meningkatkan kesadaran akan kedua topik yang lagi trend itu di kalangan mereka, tapi tentunya harus ada batasan-batasan tersendiri.

Tidak hanya itu, para moderator juga mendeteksi adanya postingan-postingan yang malahan berusaha menyerang serta memfitnah komunitas mereka. Alhasil, postingan semacam ini bisa membuat komunitas justru berbalik menyerang para moderator yang ada. Intinya moderator ini berusaha untuk membatasi konten-konten yang belum diverifikasi pada grup di Reddit yang telah memiliki ratusan ribu subscribers itu.

donald trump

donald trump

Banyaknya berita-berita palsu semakin meningkat semenjak hasil pemilihan umum presiden Amerika keluar. Keterkejutan akan terpilihnya presiden terpilih Donald Trump membuat banyak pihak tidak berhenti menyuarakan pendapat mereka termasuk lewat penggunaan media sosial seperti Facebook dan Reddit. Bahkan Presiden terpilih Trump sendiri pernah mengadakan sesi “pertanyaan” yang ditujukan bagi para pengguna Reddit di situs Amerika tersebut pada sekitaran bulan Juli yang lalu.

sumber : The Guardian