Afiliasi kini menjadi trend bisnis tersendiri karena dapat menghasilkan pendapatan yang cukup besar dan konstan. Namun banyak pula yang memilih untuk mundur dari bisnis ini setelah melakukan beberapa kesalahan yang menjadi penyebab utama dalam kegagalan.

Ketahui kesalahan yang sering dilakukan merketing afiliasi berikut!

Banyak pemula dalam affiliate marketing yang merasa tidak begitu berhasil dalam menjalankan bisnis afiliasinya. Ketidaklancaran bisnis pada umumnya terjadi karena beberapa kesalahan yang muncul tanpa disadari seperti berikut ini:

  1. Ketidak percayaan affiliater terhadap kebenaran produk
    Kesalahan yang pertama dan paling banyak terjadi adalah ketidak percayaan affiliater terhadap produk yang dipromosikan sehingga mempengaruhi kinerja dari affiliater itu sendiri.
  2. Tidak melakukan riset verifikasi
    Kebanyakan affiliater pemula tidak melakukan riset verifikasi dan langsung melakukan promosi tanpa menyadari jika hal tersebut adalah kesalahan yang sangat fatal. Tanpa melakukan verifikasi dari pemilik produk afiliasi, maka bisa jadi Anda tertipu dan tidak akan menerima komisi.
  3. Terlalu terburu-buru
    Kesalahan bisnis afiliasi mendasar dan banyak dilakukan afiliater pemula adalah tidak sabar dalam menunggu komisi. Kebanyakan mereka menginginkan waktu singkat untuk meraup komisi. Padahal, dibutuhkan cukup waktu untuk mencapai keuntungan besar.

Tips untuk menghindari kesalahan dalam berbisnis afiliasi

Bagi pebisnis afiliasi pemula, simak beberapa tips berikut ini untuk menghindari kesalahan dalam bisnis afiliasi:

  1. Jangan bergabung dengan banyak program pada waktu bersamaan
    Sebagai pemula, sebisa mungkin hindari mengikuti banyak program afiliasi dalam waktu bersamaan. Akan menjadi kendala terbesar apabila terdapat suatu masalah yang terjadi dalam waktu hampir bersamaan. Sebaiknya Anda fokus pada salah satu program afiliasi saja.
  2. Lakukan riset pasar sederhana untuk menentukan produk
    Karena saat ini peluang afiliasi sangat banyak tersebar, hal yang wajib dilakukan sebelum bergabung dengan salah satu program afiliasi adalah melakukan riset pasar sederhana terlebih dahulu terhadap program yang hendak dipilih.
  3. Menerapkan pemasaran sempit
    Tips selanjutnya ialah menerapkan strategi pemasaran yang lebih sempit dengan fokus terhadap para pengunjung dengan cara menjaga komunikasi dan selalu mengirim informasi tentang produk ke mereka.
  4. Pilihlah program afiliasi yang menawarkan komisi tinggi dan tepat waktu
    Untuk menghindari masalah di kemudian hari, usahakan untuk selalu menggali informasi terlebih dahulu tentang program-program afiliasi sebelum memutuskan untuk bergabung. Salah satu pertimbangan yang penting adalah mengenai besaran komisi dan ketepatan waktu dalam pembayaran komisi.
  5. Sembunyikan link afiliasi
    Cara menjadi affiliate marketing yang mendapatkan banyak penghasilan ialah dengan menyembunyikan link afiliasi yang disertai kode unik Anda. Hal ini untuk meminimalisir kepergian pengunjung langsung pada website pemilik produk.

Demikianlah jenis-jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula saat menjalankan bisnis afiliasi serta tips untuk menghindari berbagai kesalahan tersebut.