Facebook baru saja mengeluarkan fitur baru di aplikasi mobilenya dengan tajuk “Discover People”. Diharapkan dengan adanya fitur baru ini pengguna dapat menemukan pengguna lain yang sedang berada di sekitar atau yang memiliki minat sama. Pengguna dapat men-update profil masing-masing kemudian melihat event yang akan berlangsung untuk melihat pengguna lain yang juga akan menghadiri event tersebut. Pengguna juga dapat melihat daftar pengguna lain yang berada di kota yang sama atau pengguna yang memiliki pekerjaan yang sama.

Bertemu teman baru melalui discover people

Fitur ini dibuat untuk memfasilitasi koneksi antar pengguna yang belum menjadi teman Facebook. Dilihat dari desainnya, sepertinya fitur ini juga berguna untuk mengembangkan koneksi bisnis. Discover People sudah mulai diaplikasikan ke pengguna Facebook dengan basis Android serta iOS meskipun saat ini belum mencapai ke seluruh penggunanya.

Untuk menemukannya, Anda tinggal membuka menu navigasi dan melihatnya diantara berbagai opsi yang diberikan seperti friends, group, shop, dan sebagainya. Saat Anda mengakses menu discover people maka pertama kali yang akan ditemukan adalah halaman header. Anda akan diminta untuk mengisi pengenalan singkat dan langkah-langkah lain yang menyarankan untuk mengupdate profil dengan berbagai seksi di dalamnya. Tetapi sayangnya Anda belum dapat untuk mengkustomisasi pengenalan sehingga hanya dapat dilihat oleh mereka yang menggunakan fitur discover people ini.

Dibawahnya terlihat daftar event mendatang yang disusun berdasarkan minat yang sudah diisikan, event dimana Anda diundang serta event yang rencananya akan Anda hadiri. Semakin kebawah lagi Anda juga dapat melihat event yang pernah Anda hadiri sebelumnya di daftar. Saat Anda men-tap salah satu event tersebut, tidak akan terlihat detail eventnya tetapi justru daftar profil orang-orang yang akan hadir yang terlihat. Tenang saja karena Facebook mengatakan bahwa hanya info publik yang akan terlihat di discover people.

See also  Menurut eMarketer Remaja Lebih Menyukai Instagram dan Snapchat Dibandingkan Facebook

Di bagian bawah juga akan ditemukan beberapa cara untuk melihat daftar pengguna yang tinggal di kota yang sama atau pengguna yang bekerja di perusahaan yang sama. Namun Anda tidak akan menemukan pengguna yang sudah menjadi teman karena fitur ini dimaksudkan agar terjadi interaksi baru antar pengguna.

Dilihat-lihat fitur discover people terasa seperti memberikan akses bagi penguntit karena pengguna akan melihat daftar profil orang-orang asing. Apalagi kebanyakan event di Facebook terbuka untuk publik. Namun demikian mungkin fitur ini akan sangat berguna untuk membangun koneksi bisnis bagi pengguna atau bahkan untuk berkencan karena dengan discover people, pengguna dapat menemukan profil dari pengguna lainnya dan langsung mengirim pesan. Untuk percakapannya Anda dapat membahas tentang event yang akan dihadiri bersama.

Tentu saja tidak semua orang merasa nyaman dengan discover people yang mengizinkan profil pengguna dengan cara demikian. Bagi media yang sudah mengeluarkan berbagai pengaturan privasi selama beberapa tahun ini, tidak mengizinkan pengguna untuk mengatur siapa yang dapat melihat informasi tersebut memang sangat meresahkan. Bahkan bisa menjadi berbahaya bagi beberapa pengguna yang memiliki penguntit di kehidupan nyata.

Tetap saja fitur baru ini menarik karena berarti Facebook terus berpikir bagaimana media sosial ini dapat digunakan oleh pengguna untuk terhubung dengan pengguna lain yang memiliki minat yang sama. Ada kemungkinan Facebook melakukan hal ini untuk bersaing dengan aplikasi kencan yang sangat booming di pasaran seperti tinder dan bumble. Namun tentunya fitur Facebook ini tidak hanya dapat digunakan sekedar untuk kencan saja.

Sumber : Techcrunch