NASA selalu menggunakan teknologi terbaik untuk visualisasi, meskipun teknologi tersebut sebenarnya hanya dibuat untuk hiburan semata. Seperti pameran hologram mars dan berbagai resource 3D lainnya yang baru-baru ini diperkenalkan oleh NASA kepada developer dan pengajar.

Bahkan sekarang agensi luar angkasa Amerika ini bekerja sama dengan Unreal Engine dan Epic Games untuk menciptakan simulator untuk realitas stasiun luar angkasa. Pada jaman dahulu untuk melatih astronot dilakukan di dalam kolam raksasa yang menampung 6,2 juta gallon air atau model shuttle luar angkasa dalam ukuran sebenarnya.

Teknologi tersebut sudah cukup baik, namun sayangnya kapasitas yang dimiliki sangat terbatas. Karena itulah diharapkan dengan menambahkan simulasi realitas akan membuat para astronot yang dilatih dapat menggunakan keahlian mereka pada simulasi lingkungan yang lebih nyata.

Menurut video yang dikeluarkan oleh NASA dan Unreal Engine awal bulan ini, system simulasi realitas yang mereka buat memiliki banyak sekali elemen serta berbagai peralatan seperti yang terdapat pada ISS termasuk di dalamnya berbagai macam mesin, dan alat-alat yang digunakan para astronot untuk melakukan perawatan.

Menggunakan simulasi tersebut, para astronot yang dilatih benar-benar merasa seperti sudah berada di luar angkasa sehingga diharapkan pelatihan tersebut menjadi lebih efektif dan lebih baik lagi. Mari kita lihat kemajuan teknologi apa lagi yang akan digunakan oleh NASA.

Sumber: techcrunch

See also  Alasan Keracunan Makanan, Delegasi India Mangkir Pada Konferensi Teknologi International di Pakistan