Pasti Anda sudah sangat familiar dengan Grab, bukan? Grab yang sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi ini adalah sebuah perusahaan yang berasal dari Singapura yang bergerak di bidang layanan aplikasi penyedia transportasi. Layanan transportasi ini sekarang tersedia di 6 negara di Asia Tenggara yaitu Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Sekarang Grab sudah mempunyai layanan baru dalam jasa transportasi, layanan apakah itu?

Perusahaan penyedia transportasi Grab meluncurkan angkutan bersama atau car-pooling secara komersil yaitu GrabShare. Layanan ini membuat Grab satu langkah lebih maju dalam pasar layanan transportasi yang didominasi oleh Uber. Sudah tersedia sejak awal Desember, GrabShare memasang layanan hanya untuk 2 pemesanan dengan rute yang sama dalam satu perjalanan.

Penumpang hanya akan berhenti maksimal di dua tempat sebelum mencapai tempat tujuan mereka. Misal, jika penumpang A memulai perjalanan dan dipasangkan dengan penumpang B, tergantung pada rute perjalanan yang lebih efisien, maka penumpang dapat melakukan pemberhentian pertama untuk menjemput penumpang B dan akan melakukan pemberhentian kedua untuk menurunkan penumpang B.

grabshare

grabshare

Layanan baru ini merupakan program keempat dari Grab di Singapura (setelah sebelumnya meluncurkan layanan GrabHitch). Layanan ini menggunakan metode (order) yang sama seperti yang diterapkan pada layanan transportasi taksi Grab dan layanan transportasi Grab Car.

Layanan ini menempatkan Grab di segmen yang sama dengan layanan dari UberPool, (yang juga merupakan) layanan car-pooling yang ditawarkan oleh Uber untuk layanan penyedia transportasi mobilnya, yaitu UberX. Satu dari tiga UberX yang beroperasi di Singapura adalah car-pooling. Menurut representative Grab, pencocokan algoritma dari GrabShare memastikan bahwa penumpang akan sampai ke tempat tujuan dalam waktu yang paling singkat.

Algoritma dari Grab dikonsep dan dirancang oleh 3 pusat penelitian dan pengembangan di Singapura, Seattle, dan Beijing. Algoritma ini akan menghitung dan menentukan driver terdekat yang tersedia, waktu tempuh, rute perjalanan, jarak tempuh, serta kondisi lalu lintas sebelum mengurut tempat menjemput dan lokasi tujuan.

Tarif GrabShare 30 persen lebih murah dari pada tariff GrabCar Ekonomi. Untuk driver, layanan ini akan membantu menaikan pendapatan mereka dengan cara memotong waktu dan jarak yang dihabiskan dalam satu perjalanan GrabShare.

Hmm.. menarik juga, ya?. Sebentar lagi mungkin program ini juga akan diterapkan di Indonesia kali, ya…

sumber : The Newpaper