YouTube mulai sekarang tidak akan memunculkan iklan yang dibuat oleh brand yang besar apabila kualitas kontennya kurang bermutu. Sekarang YouTube memutuskan bahwa iklan mereka tidak akan ditampilkan pada channel yang jumlah total viewnya kurang dari 10 ribu view dari semua video yang ada di channel tersebut.

YouTube membuat pernyataan tersebut pada Wall Street Journal dan mengatakan bahwa mereka sudah mulai mempersiapkan hal tersebut sejak bulan November tahun lalu. Mereka juga mengatakan bahwa YouTube akan mencoba menghilangkan pendapatan dari channel yang mencuri konten dari sumber lain.

Langkah tersebut dilakukan oleh YouTube setelah mereka mendapatkan pertanyaan keras setelah iklan ditayangkan pada konten yang mengandung unsur SARA dan konten yang dipertanyakan lainnya. Google sudah meminta maaf atas kejadian tersebut dan mengatakan akan segera mengadaptasikan kebijakan baru ini.

Dengan adanya batasan minimal 10 ribu view pada keseluruhan video di channel tersebut Google berharap akan efektif membatasi tayangnya iklan pada konten yang tidak sesuai. Selain itu dengan batasan minimal ini berarti Google tidak memerlukan review langsung dari staff sebelum penayangan iklan.

Google memperkirakan konten yang tidak baik untuk publik tidak akan memiliki banyak view sehingga batasan 10 ribu view tersebut dirasa sudah cukup baik sebagai pencegahan atas terulangnya kejadian tidak mengenakan yang sebelumnya terjadi.

Sumber: techcrunch

See also  Media Sosial Mampu Merubah Perempuan Ini Menjadi Sosok Model Ternama