Karena saat ini banyak sekali jenis program afiliasi yang membuka kesempatan emas bagi Anda penggerak blogger atau website untuk melakukan bisnis afiliasi, maka proses seleksi atau pemilihan program afiliasi yang tepat pun juga harus dilakukan sebelum mengambil keputusan bekerjasama dengan penyelenggara program afiliasi tersebut.

Mengenal lebih jauh jenis program afiliasi

Bagi yang masih asing dengan istilah ini, afiliasi adalah sebuah program bisnis dengan pemberian komisi sesuai kesepakatan bagi pemilik blog atau website yang berhasil menarik pengunjungnya untuk melakukan pendaftaran, pembelian atau transaksi terhadap produk tertentu yang bekerjasama dengan blog atau website tersebut melalui link yang tersematkan pada blog atau website. Jadi, intinya hanyalah berpromosi atau melakukan pemasaran terhadap produk pihak lain. Pelaku bisnis afiliasi dinamakan sebagai affiliater. Terdapat berbagai macam atau jenis program afiliasi seperti berikut ini.

  1. Pay Per Perfomance atau PPP
    Jenis bisnis afiliasi yang pertama adalah Pay Per Perfomance atau PPP. Jenis yang satu ini merupakan favorit para vendor karena pemberian komisi cukup menguntungkan para vendor. Komisi yang diberikan besarannya antara 15% sampai 30% setiap terjadi pembelian atau registrasi terhadap produk tertentu.
  2. Pay Per Lead atau PPL
    Tipe bisnis afiliasi yang selanjutnya adalah PPL yang sering digunakan oleh perusahaan asuransi atau jasa lainnya. Komisi akan diberikan kepada affiliater apabila terjadi pengisian form aplikasi pada produk tersebut. Pengisian yang dilakukan tentu saja karena arahan dari web atau blog affiliater tersebut.
  3. Pay Per Click atau PPC
    Pay Per Click adalah salah satu afiliasi yang banyak difavoritkan karena kemudahan syaratnya. Affiliater akan memperoleh komisi setiap kali terjadi pengeklikkan pada iklan tentang suatu produk tertentu pada blog atau website Anda.
  4. Pay Per Sales atau PPS
    Pay Per Sale atau PPS merupakan sistem program afiliasi yang memberikan komisi paling besar yaitu 30% hingga 70% namun dengan syarat terjadi pembelian atau transaksi pada produk tersebut. Hitungan komisi diberikan pada setiap produk yang terjual melalui blog atau website tersebut.
  5. Pay Per Download atau PPD
    Pada jenis program afiliasi yang satu ini pemberian komisi dilakukan apabila pengunjung blog atau website melakukan pendownloadan untuk suatu file, game atau dokumen melalui referensi link yang Anda promosikan.
  6. Pay per View
    Para affiliater pada program afiliasi jenis ini akan memperoleh komisi sesuai jumlah berapa kali sebuah tampilan iklan yang dilihat oleh pengunjung blog atau website Anda.

Demikianlah ulasan mengenai jenis program afiliasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dan referensi pilihan bagi Anda yang sedang mengawali bisnis afiliasi.