Pada ulang tahunnya yang ke 31 tahun, Scott Harrison (CEO yayasan amal bernama “Water”) mengadakan pesta di sebuh club dan meminta $20 dari setiap tamu yang diundangnya. Dia tidak meminta uang itu untuk hadiah atau membayar tagihan pesta itu. Semua uang itu langsung disumbangkan untuk pengungsi di Uganda.

Sepuluh tahun kemudian, ide “mendonasikan” hari ulang tahun untuk sumbangan kemanusiaan mulai menyebar, tentunya kita harus berterimakasih kepada yayasan milik Harrison tersebut. Sekarang ini setiap selebritis seperti Jada Smith dan Justin Bieber sampai anak-anak biasa pun mulai meminta donasi sebagai pengganti dari hadiah.

Sekarang Facebook sedang melakukan test untuk fitur barunya yang nantinya akan bisa menggalang dana pada momen ulang tahun seorang pengguna.

Sebagian pengguna Facebook diminta untuk “mendonasikan ulang tahun” mereka menjadi kegiatan amal. Mereka tinggal memiliki satu dari 750.000 organisasi nonprofit yang ada di Facebook, lalu menentukan jumlah donasi dan menuliskan sebuah pesan untuk donasi tersebut. Teman-teman anda akan melihat pesan tersebut dan diminta untuk member donasi. Penggalangan dana kecil-kecilan ini akan berakhir tengah malam di hari ulang tahun anda.

Hari ulang tahun di Facebook bisa menjadi saat yang aneh bagi orang lain. Seringkali ini terjadi ketika anda harus  memberikan ucapan selamat kepada seseorang yang sebetulnya tidak anda kenal baik. Ucapannya bisa bermacam-macam, mulai dari yang berkesan hingga ucapan seadanya seperti “Hbd”. Ketika anda tidak begitu menyukai seseorang bahkan sulit untuk sekedar mengucapkan ‘Selamat ulang tahun”, bukankah anda akan merasa dipaksa untuk memberikan donasi atas nama mereka ?

Ketika fitur penggalangan donasi ini dicoba dan ditanyakan responnya kepada rekan/teman yang menerimanya, responnya beragam. Diantaranya ada yang menganggap bahwa ke depannya semua orang yang berulang tahun akan coba menggalang donasi dan tentunya penggalangan dana tidak lagi akan efektif karena partisipasi orang akan terus menurun. Lagipula masih ada yang ragu bahwa apakah donasi yang diberikan nantinya akan dikenakan potongan biaya oleh Facebook. Jadi, sebagian responden lebih memilih donasi langsung jika mereka mau berpartisipasi dalam kegiatan amal.

Bagaimanapun, membuat postingan donasi di Facebook ini atau di Twitter tidak begitu efektif dibandingkan jika anda menghubungi langsung seseorang dengan email, sms atau pertemuan tatap muka langsung.

Sampai saat ini belum jelas apakah jadi atau tidak fitur ini diluncurkan. Facebook sendiri  mulai mengeksplore fitur penggalangan dana ini untuk mengimbangi website GoFindMe yang sudah lebih dulu ada untuk melakukan penggalangan dana seperti tagihan medis untuk seseorang.

sumber : cnn