Selain anime Jepang menjadi salah satu negara yang terkenal dengan kemajuan teknologinya, bahkan berbagai inovasi yang sudah dilakukan negara Sakura tersebut sukses menarik perhatian dunia salah satunya adalah JR-Maglev MLX01. JR-Maglev MLX01 adalah kereta api listrik tercepat didunia berdasarkan Guinness World Records. Sebagai moda transfortasi utama, menyediakan kereta api yang cepat tentu akan sangat membantu mobilitas masyarakat di negara tersebut.

Dengan didukung oleh teknologi levitasi magnetik atau maglev, kereta memiliki kecepatan yang super cepat yaitu bisa mencapai 603 kilometer/ jam. Rekor ini sekaligus mengalahkan kereta api asal Perancis yang hanya memiliki kecepatan maksimum sekitar 574,8 kilometer / jam dan juga rekor kecepatannya sendiri.

Maglev sendiri merupakan sebuah sistem superkonduktor yang akan membuat kereta api melayang 10 cm diatas permukaan rel, kondisi ini membuat kereta dapat melaju dengan lebih cepat tanpa hambatan, berbeda halnya jika kereta melempel pada permukaan rel. Dorongan ke depan yang muncul akibat interaksi antara mesin induksi dengan rel magnetik juga akan menghasilkan medan magnetik dalam kereta.

Dalam uji cobanya, kereta api listrik yang dikembangkan oleh Japan Railway Technical Research Institute ini turut menggandeng sebanyak 7 gerbong. Ternyata kereta yang melayani perjalanan dengan tujuan Osaka Tokyo ini turut menyimpan fakta unik dimana kecepatannya akan mempengaruhi kestabilan dari kereta JR-Maglev itu sendiri, semakin besar maka kereta akan semakin stabil.

Lihat videonya di sini :