Perubahan iklim dan juga masalah keadilan sosial di hampir belahan bumi turut menjadi perhatian dunia, termasuk tentang apa yang tengah terjadi di Maharashtra, India. Belum lama ini sebuah foto yang menggambarkan kehidupan tanpa air tengah menjadi sorotan, siklus kekeringan di Asia Selatan tersebut terus memburuk tiga tahun terakhir hingga puncaknya petani melakukan bunuh diri.

Kondisi sumur yang kering, membuat para petani di negara tersebut tidak tahu lagi harus melakukan apa untuk bisa menghadapi berbagai permasalah yang bermunculan bahkan beberapa diantaranya terbelit hutang akibat kerugian yang harus diderita akibat perubahan cuaca tersebut menyebabkan berbagai tanaman gagal. Itulah sebabnya kenapa bunuh diri mereka pilih sebagai jalan keluar.

Selain mengunggah foto yang diambil pada rentang bulan maret dan mei, dalam akunnya  Harsha Vadlamani juga turut mencuitkan beberapa kalimat yang menggambarkan peristiwa yang dialaminya. Dalam situasi tersebut sang fotografer mendapati orang-orang yang berjuang untuk mendapatkan air, tidak segan untuk menawarinya air padahal mereka harus berjalan jauh dan menunggu berjam-jam hingga tanker air datang.

Peristiwa perubahan iklim yang menimbulkan korban jiwa ini turut menimbulkan banyak komentar dari masyarakat luas dimana sebagian besar menyatakan keprihatinannya. Selain merasa berduka beberapa juga turut mengingatkan akan berbagai peristiwa alam yang mungkin timbul akibat berbagai perilaku manusia yang mengganggu kestabilan iklim mulai dari penebangan hutan hujan sampai pembakaran bahan bakar fosil.

Sumber : cnn